Soal Tentang Menyusun Urutan Kalimat Berbagai Jenis Teks

Soal Tentang Menyusun Urutan Kalimat Berbagai Jenis Teks Bacalah kalimat-kalimat berikut! (1) Ada lebih dari 22.000 meteorit yang terdoku...

Kumpulan Soal Tentang Menentukan Persamaan Isi Berita - Terbaru

Berikut ini adalah kumpulan soal tentang menentukan persamaan isi berita. Kutipan berita disesuaikan dengan berita-berita terhangat baik dari media lokal maupun nasional. Soal-soal serupa dapat dilihat pada : Contoh Soal Menentukan Persamaan Informasi Teks (Berita)

Lihat juga: Kumpulan Soal Menentukan Perbedaan Penyajian Dua Teks Berita (Terbaru)

1. Bacalah kedua teks berita berikut!
Teks berita I
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus menggenjot penyelesaian pembangunan dan perbaikan Jalan Nasional dan Jalan Tol Trans Jawa. Salah satunya yang berada di kawasan utara pulau Jawa. Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono menjelaskan, tak hanya di sisi utara Jawa, untuk pemerataan pengembangan ekonomi dan wilayah, di selatan Jawa pun saat ini menjadi perhatian Kementerian PUPR.

Teks berita II
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjanjikan pembangunan jalan tol Serang-Panimbang segera dilakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama dalam sebuah proyek. "Secepat-cepatnya, karena sudah penetapan lokasi (jalur). Habis itu pembebasan lahan dan pembangunan," kata Presiden Jokowi, di Serang, Banten, Senin (12/09/2016).

(Sumber: bisnis.liputan6.com)

Persamaan informasi dari kedua teks berita tersebut adalah ....
A. Pembangunan jalan tol Serang
B. Pembebasan lahan
C. Pembangunan jalan tol
D. Peletakan batu pertama pembangunan jalan


2. Bacalah kedua kutipan berita berikut!
Kutipan berita I
Pengelola jalan tol, PT Jasa Marga Tbk telah menyiapkan strategi untuk mengatasi kemacetan saat libur panjang Idul Adha. Terlebih untuk masyarakat Jakarta yang berbondong-bondong ke luar kota untuk berlibur. AVP Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, untuk mengatasi kepadatan kendaraan, Jasa Marga akan fokus pada pintu dan lajur tol. "Kita tidak hanya fokus di gerbang tol tapi juga di lajur," kata dia kepada Liputan6.com, Jakarta, Minggu (11/9/2016).

Kutipan berita II
Upaya mencegah kemacetan parah saat arus mudik Idul Fitri di pintu keluar tol Brebes Timur, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengambil langkah antisipasi dengan melakukan rekayasa lalu lintas menghadapi libur panjang Idul Adha pada 12 September 2016. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono‎ mengatakan, akan melakukan rekayasa lalu lintas berupa pemasangan Variable Message Sign (VMS) dan menyiapkan fasilitas putar balik (U-Turn) di dalam tol.

(Sumber: bisnis.liputan6.com)

Persamaan informasi dari kedua kutipan berita tersebut adalah ....
A. Pemasangan Variable Message (VMS)
B. Fokus pada pintu dan lajur tol
C. Upaya pemerintah mengatasi kemacetan lalu lintas
D. Rekayasa lalu lintas


Kunci jawaban: 1) C, 2) C

Artikel Terkait

Basindon
Bahasa Indonesia BlogUpdated at: Friday, October 07, 2016

No comments:

Post a Comment