Contoh Soal Menentukan Persamaan Informasi Teks (Berita)

SOAL | Menentukan Persamaan Informasi/Isi Dua Teks Berita

1. Bacalah dua kutipan berita berikut!
Teks 1 
Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengimbau kepada pengunjung, yang hendak berkunjung ke Puncak menjelang tahun baru agar berada di tempat tujuan sebelum pukul 13.00. Hal ini berkaitan dengan rencana penutupan jalur menuju Puncak sejak pukul 13.00. Imbauan itu, sebelumnya sudah disosialisasikan ke sejumlah hotel, penginapan, dan warga setempat.

Teks 2
Guna menghindari kemacetan di jalur Puncak, polisi sudah menyediakan jalur alternatif. Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengharapkan para pelancong dengan tujuan Puncak agar mengusahakan tiba di tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Ini berkaitan dengan rencana pemberlakuan arus lalu lintas satu jalur.

Kesamaan informasi kedua teks tersebut adalah ...
A. imbauan Kasat Lalu Lintas agar wisatawan datang ke puncak.
B. imbauan Kasat Lalu Lintas kepada pengendara roda dua dan roda empat.
C. imbauan Kasat Lalu Lintas tentang rencana penutupan jalur Puncak sore hari.
D. imbauan Kasat Lalu Lintas agar pengunjung Puncak tiba sebelum pukup 13.00.

2. Bacalah kedua kutipan berita berikut!
Kutipan Teks Berita 1
Pembalap sepeda dari tim Jepang Cycling Federation, Kohei Uchima, merebut kaos kuning pertama. Uchima menjadi pembalap tercepat dalam etape pertama Tour de Singkarak 2014 menempuh jarak 98,5 km.

Kutipan Teks Berita 2
Cuaca panas dan tidak memiliki waktu libur yang cukup dinilai menjadi kekurangan timnas Inggris pada piala Dunia 2014. The Three Lions pun diprediksi akan mengalami kekalahan dan tidak akan sanggup untuk berjuang hingga babak final.

Persamaan informasi kedua teks berita tersebut adalah ...
A. negara juara
B. olahraga keras
C. berita olahraga
D. prestasi olahraga

3. Bacalah kedua berita berikut!
Teks Berita 1
Sinar Jaya F.C dipastikan ditinggal pemain bintangnya saat tampil di Liga Super Indonesia. Petinggi klub akan mencari pemain pengganti untuk tim mereka. Mereka tetap optimistis timnya akan mampu memepertahankan gelar juara.

Teks Berita 2
Sinar Jaya Klub tetap optimis dengan pemain penggantinya. Ada sejumlah nama pengganti untuk memperkuat Sinar Jaya. Pemain pengganti akan direkrut melalui seleksi pada tanggal 4 November mendatang.

Persamaan isi pada kedua teks tersebut adalah ...
A. Kulitas pemain pengganti akan lebih bagus.
B. Klub Sinar Jaya akan mencari pemain pengganti.
C. Klub Sinar Jaya tetap akan menang di Liga Super Indonesia.
D. Klub Sinar Jaya mempertahankan juara di Liga Super Indonesia.

4. Cermati kutipan teks berita berikut!
Teks Berita 1
Menjelang akhir tahun dan menyambut tahun baru, Kapolres Bogor meminta pengguna kendaraan untuk tidak melalui jalur Puncak. Pengguna kendaraan diminta mencari jalan alternatif. Hal itu untuk menghindari kemacetan di jalur Puncak.

Teks Berita 2
Kapolres Bogor meminta pengguna kendaraan dari wilayah Jabodetabek yang menuju kota Bandung dan sekitarnya tidak melalui jalur Puncak. Para pengguna kendaraan diminta melalui tol Cipularang atau lewat jalur Sukabumi.

Kesamaan informasi kedua teks tersebut adalah ...
A. Pengguna kendaraan diminta tidak melewati jalur Puncak.
B. Rencana pemberlakuan satu jalur di Puncak menjelang tahun baru.
C. Pengalihan tujuan pengguna kendaraan yang menuju Bandung.
D. Padatnya pengguna kendaraan dan rencana pengalihan pada akhir tahun

5. Bacalah teks berikut 
Teks 1
Salah satu dari dua mesin pesawat Boeing 737-800 milik Cina Airlines (Taiwan) meledak dan membakar seluruh badan pesawat di Bandara Naha, Okinawa, Jepang, Senin (20/8). Ledakan terjadi beberapa saat setelah pesawat tiba dari Taiwan. Seluruh 165 penumpang dan awak pesawat selamat.

Teks 2
Akibat mengabaikan peringatan Badan Meteorologi dan Geofisika, dua kapal motor, KM Fajar Mas dan KM Mutiara Indah, Kamis dan Jumat (20/7) pekan ini, tenggelam di perairan Majene, Sulawesi Barat. Semua awak kapal selamat, namun kemarin dua nakhoda kapal motor berikut para awaknya masih dimintai keterangan oleh aparat Polres Majene. Mereka dinilai mengabaikan aspek-aspek keselamatan pelayaran.

Persamaan berita di atas adalah ...
A. kecelakaan      
B. kecelakaan transportasi
C. pesawat meledak
D. tenggelamnya kapal motor

6. Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
Pengamat penerbangan Chappy Hakim menilai kasus hilangnya pesawat Boeing 737 seri 400 milik maskapai Adam Air bisa disebabkan faktor teknis dan nonteknis. Faktor tersebut bisa karena kurangnya maintenance dari maskapai penerbangan tersebut sampai diabaikannya beberapa aturan dan regulasi mengenai penerbangan sipil karena tidak ada sanksi tegas regulator.

Teks 2
Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal TNI Herman Prayitno menyebut tiga faktor penyebab hilangnya Adam Air, yaitu lemahnya manajemen, tidak dimilikinya alat pendeteksi, serta kelalaian manusia. “Kesalahan di manajemen bisa menyebabkan kesalahan manusia, engine, dan cuaca. Karena itu, 70% dominan faktor manusianya, jadi tidak bisa 100% menyalahkan alat-alat yang dianggap kurang akurat,” ujarnya di Jakarta kemarin.

Kesamaan informasi yang dibahas dalam kedua teks tersebut adalah . . . .
A. penyebab hilangnya pesawat Adam Air
B. jumlah korban kecelakaan pesawat
C. tiga faktor penyebab kecelakaan pesawat
D. dua faktor penyebab kecelakaan Adam Air

7. Bacalah dua teks berikut!
Teks I
Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengimbau kepada pengendara, baik roda dua maupun roda empat dari Jabodetabek yang hendak berkunjung ke Puncak menjelang tahun baru agar berada di tempat tujuan sebelum pukul 13.00. Hal ini berkaitan dengan rencana penutupan jalur menuju Puncak sejak pukul 13.00. Imbauan ini, sebelumnya sudah disosialisasikan ke sejumlah hotel, penginapan, dan warga setempat.

Teks II
Guna menghindari kemacetan di jalur wisata Puncak, Polisi sudah menyediakan jalur alternatif. Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengharapkan para pelancong dengan tujuan Puncak Cisarua agar mengusahakan tiba di tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Ini berkaitan dengan rencana pemberlakuan arus lalu lintas satu jalur.

Kesamaan informasi kedua teks berita tersebut adalah ...
A. Imbauan Kasat Lalu Lintas agar wisatawan datang ke Puncak.
B. Imbauan Kasat Lalu Lintas tentang rencana penutupan jalur Puncak sore hari.
C. Imbauan Kasat Lalu Lintas kepada para pengendara roda dua dan roda empat.
D. Imbauan Kasat Lalu Lintas agar pengunjung Puncak tiba sebelum pukul 13.00.

8. Bacalah kedua kutipan berita berikut!
Teks Berita I
Kota yang humanis dan layak huni memberikan layanan transportasi modern, andal, nyaman, dan terjangkau. Layanan transportasi andal ini bisa dipenuhi dengan menerapkan sistem angkutan yang cerdas.

Teks Berita II
Dengan menerapkan sistem angkutan yang cerdas perjalanan bisa diatur. Apabila ada antrean kendaraan terlalu panjang, lampu lalu lintas pada ujung depan antrean bisa diatur agar warna hijau lebih lama dari pada kondisi normal.

Persamaan isi kedua berita tersebut adalah ...
A. kota yang humanis dan layak huni
B. antrean kendaraan dan lampu lalu lintas
C. sistem angkutan yang cerdas
D. waktu nyala lampu

Lihat Juga: Contoh Soal Menentukan Perbedaan Penyajian Isi Berita

Sumber : Teks Soal UN SMP/MTs

Artikel Terkait

Basindon
Bahasa Indonesia BlogUpdated at: Thursday, January 14, 2016

No comments:

Post a Comment