Showing posts with label Soal UN. Show all posts
Showing posts with label Soal UN. Show all posts

Contoh Soal Tentang Denah

Contoh Soal Denah

1. Perhatikan denah berkut!
denah 1
Bimbingan belajar Pintar terletak di sebelah ...
A. utara Mal Srikandi
B. barat gedung kesenian
C. utara Jalan Cinta Damai
D. timur bioskop Bisma

2. Perhatikan denah berkut!
denah 2
Jika Ratif tinggal di Apartemen atau menghadiri seminar di gedung BKOW, arah perjalanan yang efektif ditempuh Rafif adalah ...
A. ke jalan H. Naman menuju Kalimalang belok kanan, je Jalan D lalu Jalan Pondok Kelapa
B. masuk ke Jalan D melintas Jalan Pondok Kelapa terus Jalan Pondok Kelapa Indah sampai Kalimalang belok kanan masuk Jalan Radin Inten.
C. Jalan H. Naman lewat Pondok Kopi, di KBT belok kiri ke Jalan Basuki Rahmat ke Jalan Raden Inten.
D. dari Apartemen ke Jalan D belok kiri ke Jalan Pondok Kelapa belok kiri ke Jalan Kalimalang belok kanan ke jalan BKOW

3. Perhatikan denah berkut!
denah 3
Tempat pelatihan burung elang berdasarkan denah tersebut adalah ...
A. selatan Kebun Binatang tempatnya Jl. Bangau
B. barat Rs. Hewan di timur Jl. Nuri
C. utara Jalan Kutilang, di selatan Jalan Angsa
D. barat Jalan Elang di selatan Jalan Tekukur


4. Perhatikan denah berikut!
denah 4
Bila kita berada di Jalan Surapati mau ke lokasi Asrama Putri, arah perjalanan yang efektif yang kita lalui adalah ...
A. ITENAS > Jln. Cikutra > Jln. Cikutra Barat > Jln. Tubagus Ismail
B. ITENAS > Jln. Cikutra > Jln. Cikutra Barat > Jln. Cikondang
C. ITENAS > Cikutra > Jln. Cikutra Barat > Jln. Tubagus Ismail
D. ITENAS > Jln. Cikutra > Tubagus Ismail > Jln. Cikondang



Sumber:
Naskah Soal UN SMP/MTs Tahun 2013
Basindon
Bahasa Indonesia BlogUpdated at: Tuesday, February 28, 2017

Soal Menentukan Konflik pada Kutipan Drama

Soal Menentukan Konflik pada Kutipan Drama 
1. Bacalah kutipan drama berikut!
Sohib: Hai Gas, di sini kamu masuk? (masuk kelas)
Bagas: Oh ya, sakit aku, jadi gak ikut olahraga.
Shifa: Sakit? (sambil memegang tasnya)
Bagas: Iyaa, sakit. Kecapaian kali.
Shifa: Haaa...! dompetku nggak ada “Bagas! Kamu yang ambil!”
Bagas: Sembarangan aja nuduh.
Shifa: Siapa lagi kalau bukan kamu, kan yang ada di kelas hanya kamu, cepat balikin!
Sohib: Ssttt tenang-tenang, jangan ribut mari kita cari bersama-sama.

Konflik yang terjadi pada kutipan drama tersebut ...
A. Shifa kehilangan dompet saat olahraga.
B. Sohib mengajak bagas mencari dompet.
C. Bagas tidak ikut olahraga karena sakit.
D. Bagas dituduh mengambil dompet Shifa.

2. Bacalah kutipan drama berikut!
Niko : Lho kok sepi?
Uni : Jangan-jangan sudah bubar?
Gery : Nggak mungkin kalau sudah bubar. Di undangan mulainya pukul 11.00 kok.
Diki : Yakin kamu nggak salah baca jamnya, Ger?
Gery : Yakin, aku nggak salah lihat.
Uni : Coba deh, kita lihat kembali undangan kemarin, mana Ger, undangannya?
Gery : Nih, undangannya!
Uni : Gerrryyy!
Diki : Apaan sih Un?
Uni : Gimana mau ada orang, acaranya sudah sejak dua jam yang lalu Gery salah baca!

Konflik dalam kutipan drama tersebut adalah ...
A. Seorang anak yang sangat kecewa karena acaranya jam 11.00.
B. Seorang anak salah baca undangan teman yang lain marah.
C. Rombongan telah berangkat ke undangan namun sudah bubar.
D. Beberapa anak yang kecewa karena gagal mengikuti acara.

3. Perhatian kutipan naskah drama berikut!
Siti : Hai, saya lihat ngelamun saja dari tadi!
Tuti : Aku nggak ngelamun Sit. Tapi , saya bingung.
Siti : Ada apa lagi? Kamu masih menganggap pamanmu tidak adil?
Tuti : Ya aku punya anggap seperti itu, Sit (suaranya tersendat sedih) Aku memang menumpang di rumah paman, tetapi setiap ada masalah, aku selalu disalahkan aku bingung Siti!
Siti : Aku tahu, kamu merasa bingung, tapi tenanglah! Barangkali kau lupa bahwa pamanmu orang yang bertanggung jawab. Bila tidak, bagaimana dia menerimamu di rumahnya?
Tuti : (masih menangis terisak-isak) Entahlah ... Aku tak tahu ... (dia memandang Siti). Tapi terima kasih kawan, nanti aku minta maaf kepada Paman.
Siti : Sudah ya ... Hentikanlah tangisanmu! Mari kita berkumpul dengan teman-teman!
Siti dan Tuti : (bergandengan tangan, dan menuju ke kelas).

Konflik yang terdapat pada kutipan naskah drama tersebut adalah ...
A. kebingungan Tuti terhadap sikap pamannya
B. prasangka Siti terhadap Tuti yang sedang melamun
C. saran Siti agar Tuti minta maaf kepada pamannya
D. keinginan Tuti pergi dari rumah pamannya



Basindon
Bahasa Indonesia BlogUpdated at: Friday, February 24, 2017

Soal Menentukan Kalimat Saran Sesuai Simpulan Karya Ilmiah

Soal Menentukan Kalimat Saran Sesuai Simpulan Karya Ilmiah
1. Bacalah simpulan karya ilmiah berikut!
Mengkonsumsi minuman ringan (bersoda) setiap hari  ternyata memiliki pengaruh yang sangat buruk terhadap prilaku seseorang khususnya bagi anak-anak.

Kalimat saran
sesuai simpulan tersebut adalah ...
A. Jangan minum minuman ringan  di jalan.
B. Minuman bersoda tidak baik diminum anak kecil.
C. Hindari minuman ringan dari jangkauan anak-anak.
D. Sebaiknya anak-anak jangan diberikan minuman ringan (bersoda).

2. Bacalah simpulan karya ilmiah berikut!
Potensi yang dimiliki anak, pengembangannya tergantung pada bagaimana orangtua mengerahkannya. Setiap anak memiliki bakat yang berbeda, orang tua bertugas mencermati dan mengembangkannya saat berada di rumah bersama mereka. Orang tua juga bisa bekerjasama dengan guru mereka, sehingga tercipta program yang dapat menantang intelektual  mereka. Langkah ini dapat menunjukkan respon orang tua pada kebutuhan edukasi dan emosional anak.

Saran yang tepat untuk simpulan karya ilmiah tersebut adalah ...
A. Hendaknya orang tua tidak perlu khawatir dengan tingkat pendidikan anak, kesuksesannya anak bisa dicapai jika rajin belajar.
B. Seharusnya orang tua tidak perlu ikut campur dengan pendidikan anaknya, kelak anak dapat mencari kerja sendiri.
C. Sebaiknya orang tua mengembangkan potensi anak sesuai dengan bakatnya, dan bisa bekerja sama dengan guru.
D. Semua orang tua disarankan merasakan sulitnya mengembangkan potensi anak. Seharusnya terus mendapatkan bimbingan orang tua.

3. Bacalah simpulan karya ilmiah berikut!
Berdasarkan hasil penelitian bahwa daun seledri pada menyembuhkan penyakit hipertensi, sakit mata, dan reumatik.

Saran yang sesuai
dengan hasil simpulan karya ilmiah tersebut adalah ...
A. Mengkonsumsi seledri secara teratur dapat mengakibatkan sakit mata.
B. Hendaknya penderita hipertensi mengkonsum seledri.
C. Penderita reumatik dilarang mengkonsumsi seledri.
D. Tanamlah seledri di halaman rumah jika Anda sakit reumatik.

Kunci: D, C, B
Sumber:
Naskah UN SMP/MTs Tahun 2015


Basindon
Bahasa Indonesia BlogUpdated at: Thursday, February 23, 2017

Contoh Soal Melengkapi Surat Dinas/Surat Resmi

Contoh Soal Melengkapi Surat Dinas/Surat Resmi

1. Bacalah kutipan surat dinas berikut!
[...]
Sehubungan dengan itu, kami mengundang seluruh seksi, untuk melaporkan kegiatan seksi masing-masing pada
hari, tanggal : Kamis, 9 Oktober 2014
waktu           : 14.00 s.d. 16.00
tempat          : Ruang pertemuan OSIS
Atas perhatian dan kerjasama Saudara, kami sampaikan terima kasih.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi surat tersebut adalah ...
A. Hari Ulang tahun Sekolah, rencana akan dilaksanakan di luar sekolah. Banyak masukkan dari berbagai pihak.
B. Kegiatan pensi sudah kita laksanakan. Respon terhadap kegiatan tersebut beragam.
C. Membaca surat Saudara perihal permohonan Saudara untuk menggunakan aula.
D. Surat Saudara sudah kami terima dan sudah kami diskusikan dengan pengurus lain.

2. Bacalah kutipan surat resmi berikut!
Dengan homat, dalam rangka Pengembangan Potensi Guru Bahasa Indonesia, kami memohon kepada Bapak/Ibu Kepala Sekolah untuk menugaskan 2 orang guru bahasa Indonesia untuk berperan serta dalam kegiatan tersebut.
[...]

Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang kutipan surat tersebut adalah ...
A. Atas perhatiannya, saya ucapkan banyak terima kasih.
B. Atas kerja sama pihak sekolah, saya sampaikan terima kasih.
C. Demikian undangan ini disampaikan, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.
D. Demikian permohonan ini. Atas perhatiannya kami mengucapkan terima kasih.

3. Cermatilah kutipan surat dinas berikut!
Dengan hormat, dalam rangka meningkatkan kreativitas siswa, kami bermaksud melaksanakan Seminar Penulisan Karya Sastra. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada 25 September 2014.
Berkaitan dengan hal tersebut, [...]
Atas perhatian dan izin yang diberikan, kami sampaikan terima kasih.

Kalimat bagian isi yang tepat untuk melengkapi surat dinas tersebut adalah ...
A. Kami memohon Bapak Hadir sebagai narasumber.
B. Kami beritahukan agar Bapak/Ibu menghadirinya.
C. Kami memohon izin meminjam aula sekolah selama 1 hari.
D. Kami harap sponsor dan donatur untuk mendukungnya.

Kunci Jawaban:1-B, 2-B, 3-C

Sumber: Naskah Soal UN 2014

Basindon
Bahasa Indonesia BlogUpdated at: Wednesday, February 22, 2017

Contoh Soal Menentukan Amanat dalam Kutipan Cerita (Cerpen, Novel, Fabel, dsb)

Contoh Soal Menentukan Amanat dalam Kutipan Cerita : Amanat dalam cerita adalah pesan yang ingin disampaikan oleh pengarang di dalam cerita. Amanat kadang disampaikan secara tersurat maupun tersirat.  Amanat merupakan bagian dari unsur intrinsik karya sastra. Berikut ini contoh soal menentukan amanat dalam kutipan cerita (cerpen, novel, fabel, dsb).

1. Bacalah kutipan cerita berikut dengan seksama!
Suatu hari, karena begitu laparnya, ia makan semua makanan yang ada di meja, termasuk jatah makanan kedua orang tuanya. Sepulang dari ladang, bapaknya yang lapar mendapati meja yang kosong tak ada makanan. Marahlah hatinya, karena tidak bisa menguasai diri, keluarlah kata-katanya yang  kasar. "Dasar anak keturunan ikan!" Seketika itu juga, isteri dan anaknya hilang dengan gaib. Ia menyesal atas perbuatannya. Karena ucapannya tersebut, ia telah melanggar janji pada isterinya.

Amanat kutipan cerita tersebut adalah ...
A. Karena nila setitik akan rusak susu sebelanga.
B. Jangan mudah marah agar tidak menyesal.
C. Selesaikan segala persoalan dengan bermusyawarah.
D. Biasakan hidup sederhana jangan foya-foya.

2. Bacalah kutipan cerita berikut!
"Jangan tanya bagaimana hidup di kota, jangan paksa aku untuk mengisahkannya. Sudahlah! Mending kita bicara yang lain saja,” buru-buru kalimat itu meluncur dari bibirku sebelum Parjo sempat menanyakannya. Bukannya enggan, takutnya kisah kota malah membebaninya. Bagaimana tidak, setengah lima pagi aku harus sudah bangun, mandi dan bergegas pergi ke ujung gang kampung tempat aku mengontrak sebuah rumah sederhana di sana sebelum jam menunjukkan pukup lima. Telat sedikit saja bisa ketinggalan bus jemputan perusahaan tempatku bekerja. Belum lagi, bahaya yang harus kulalui.

Amanat kutipan cerita tersebut adalah ...
A. Tuturkan kondisi hidup di kota kepada setiap orang yang terdekat.
B. Sampaikan pengalaman hidup di kota dengan bijaksana.
C. Hadapi hidup ini dengan tegar dan bersemangat.
D. Bantu teman lama di desa dengan ikhlas.

3. bacalah kutipan cerita berikut!
“Hai Merak, bulumu begitu bagus, bagaimana bisa kau memiliki bulu sebagus itu?” tanya kancil penasaran.
“Semua itu karena pemberian Yang Mahakuasa, aku hanya mensyukurinya.”
“Ah, bohong kamu pasti tahu cara mendapatkan bulu-bulu indah itu,” kancil tidak percaya kuasa Tuhan. Ia ingin memiliki bulu merak.
Kancil tidak sabar dia menginginkan bulu merak lalu Merak pun menempelkan bulunya di tubuh kancil dengan getah karet.

Amanat kutipan cerita tersebut adalah ...
A. Hidup harus dinikmati.
B. Hidup tidak boleh puas.
C. Mensyukuri pemberian Tuhan.
D. Jangan menyalahkan orang lain.

4. Bacalah kutipan cerita berikut!
"Maafkan saya, Rinda. Saya memang khilaf waktu itu," kataku pelan. Akhirnya muncul juga kata-kata itu setelah beberapa waktu tak jua ada keberanian untuk mengatakannya. Ya, aku memang harus minta maaf. Aku sadar, sikap dan kata-kataku tempo hari terhadapnya tentu saja telah membuatnya marah dan sakit hati. Dan kali ini aku sudah bersiap untuk menerima perlakuan dan makian paling kasar sekalipun dari mulut Rinda.

Rinda diam sejenak, lalau memandangku tajam. Tetapi tak berapa lama, kulihat ekspresi Rinda seperti tengah menahan tawa.

Amanat kutipan cerita tersebut adalah ...
A. Hadapilah segala permasalahan dengan senyuman.
B. Memberi maaf tidak harus diucapkan dengan kata-kata.
C. Jangan takut meminta maaf jika melakukan kesalahan.
D. Saling bermaaf-maafan dalam persahabatan

Kunci Jawaban:
1) B, 2) B, 3) C, 4) C

Sumber:
Naskah Soal UN SMP/MTs th. 2013
Naskah Soal US MTs th. 2016
Basindon
Bahasa Indonesia BlogUpdated at: Tuesday, February 21, 2017

Latihan Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP/MTs 2017

Berikut ini disajikan contoh latihan soal ujian nasional (UNBK/UNKP) untuk pelajaran bahasa Indonesia tingkat SMP/MTsLatihan soal ujian nasional ini sesuai dengan kisi-kisi Ujian Nasional TP 2016/2017.

Ujian Nasional (UNBK/UNKP) merupakan langkah terakhir dalam menempuh jenjang pendidikan di tingkat menengah. Langkah terakhir tersebut tentu harus dipersiapkan dengan matang.

Kematangan dalam menjawab soal ujian nasional hanya bisa diperoleh dengan cara belajar, belajar, dan belajar. Ya, semua orang mungkin sudah tau kalau soal itu. Namun belajar di sini bukan berarti belajar sebagaimana biasanya. Tatapi belajar menjawab soal-soal ujian nasional.

Lihat: Kisi-Kisi Ujian Nasional Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP/MTs TP 2016/2017

Ada pun contoh soal ujian nasional sudah banyak kita jumpai dalam bentuk buku yang biasa terpampang dengan judul tips sukses ujian nasional, prediksi ujian nasional, siap ujian nasional dan lain sebagainya. Selain dalam bentuk buku, hadir juga dalam bentuk e-book atau versi digital. Yang kesemuanya itu merupakan penunjang dalam rangka mematangkan ujian nasional yang akan dihadapi siswa.

Meskipun saat ini tidak ada istilah lulus dan tidak lulus, namun tetap, nilai rendah sudah pasti memalukan. Baik memalukan diri pribadi siswa sendiri, orang tua, maupun sekolah.

Oleh sebab itu, latihan menjawab contoh soal ujian nasional adalah cara terbaik untuk mendapat nilai yang tinggi. Atau setidaknya para peserta didik mampu percaya diri ketika menghadapi ujian nasional nanti.

Latihan Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP/MTs 2017

MEMBACA SASTRA
MENULIS TERBATAS
Basindon
Bahasa Indonesia BlogUpdated at: Friday, February 03, 2017

Kumpulan Soal tentang Menyusun Kalimat Laporan

Berikut ini adalah soal-soal tentang menyusun kalimat laporan. Lihat materi Melaporkan Peristiwa.

Lihat juga: Kumpulan Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kelas 9

Pilihlah jawaban yang tepat!
1. Bacalah kalimat berikut!
(1) Sirkuit ini diberi nama sirkuit BCR.
(2) Kehadiran sirkuit ini diharapkan mampu membina mental generasi muda.
(3) Kabupaten Sijunjung kini memiliki sirkuit motorcross di Bukit Batuak.
(4) Sirkuit yang diresmikan pada Sabtu (24/9) ini memiliki panjang 1.100 meter.
(5) Selain tempat menyalurkan bakat, sirkuit ini juga bisa mempererat tali siliturrahmi antargenerasi muda.

Urutan kalimat tersebut agar menjadi laporan yang sistematis adalah ...
A. (1), (3), (2), (4), (5)
B. (3), (1), (4), (2), (5)
C. (3), (4), (1), (5), (2)
D. (4), (2), (3), (5), (1)

2. Bacalah kalimat-kalimat berikut!
(1) Kami dipandu oleh bapak ibu guru sebanyak 6 orang.
(2) Rumah Robot Indonesia merupakan pilihan utama tujuan wisata kami.
(3) Kami berangkat menuju Rumah Robot Indonesia hari Rabu 28 september 2016 pukup 07.00.
(4) Rombongan kami berjumlah 220 orang.
(5) Di Rumah Robot Indonesia ini kami diajari cara merakit robot.
(6) Robot yang sudah kami rakit boleh dibawa pulang.

Susunan kalimat laporan yang tepat adalah ....
A. (4)-(1)-(2)-(3)-(6)-(5)
B. (2)-(3)-(4)-(1)-(5)-(6)
C. (2)-(4)-(3)-(1)-(5)-(6)
D. (3)-(1)-(2)-(4)-(6)-(5)

3. Bacalah kalimat-kalimat berikut!
(1) Kelompok kami bertugas mengamati perpustakaan.
(2) Di antara kelengkapan perpustakaan tersebut adalah meja kursi baca, rak-rak buku, lemari katalog, dan berbagai buku menarik.
(3) Pagi-pagi, kami ditugasi guru bahasa Indonesia untuk melakukan pengamatan lingkungan sekolah.
(4) Hasil pengamatan tersebut kami presentasikan di depan kelompok lain.
(5) Di dalam perpustakaan, kami mengamati sejumlah kelengkapan perpustakaan yang ada.

Susunan kalimat laporan yang tepat sesuai kalimat tersebut adalah ...
A. (1)-(2)-(5)-(3)-(4)
B. (1)-(3)-(4)-(2)-(5)
C. (3)-(1)-(5)-(2)-(4)
D. (3)-(2)-(1)-(4)-(5)

4. Bacalah kalimat-kalimat berikut!
(1) Situasi semakin mencekam sebab puncak Merapi sama sekali tidak terlihat karena tertutup awan tebal.
(2) Seismograf (alat pendeteksi gempa) terus dipasang untuk mengetahui aktivitas Merapi sudah berkurang atau semakin tinggi.
(3) Kami menyaksikan situasi letusan pertama pukul 06.45 mengarah ke barat daya dari lokasi pengamatan.
(4) Wedhus gemberl (asap tebal) itu terlihat sangat jelas menyusuri lerang menuju hulu Sungai Krasak, Gendol, dan Boyong.
(5) Akan tetapi, masyarakat Kecamatan Selo masih tenang-tenang saja.

Agar menjadi laporan yang baik, urutan laporan yang tepat adalah ...
A. (3), (4), (2), (5), (1)
B. (3), (1), (2), (4), (5)
C. (2), (5), (1), (4), (3)
D. (2), (4), (1), (5), (3)

5. Bacalah kalimat berikut!
(1) Kemeriahan itu ditandai dengan kegiatan lomba berbusana kebaya.
(2) Kegiatan itu bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta berbusana kebaya bagi siswa putri.
(3) Setiap kelas mengutus dua orang siswa putri menjadi peserta lomba.
(4) Peringatan Hari Kartini di SMP Mutiara berlangsung meriah.
(5) Acara itu disaksikan oleh kepala sekolah, dewan guru, dan seluruh siswa.

Urutan kalimat laporan yang tepat adalah ....
A. (4), (1), (2), (3), (5)
B. (1), (2), (3), (5), (4)
C. (2), (1), (5), (4), (3)
D. (1), (5), (4), (3), (2)

6. Bacalah kalimat berikut dengan seksama!
(1) Kami berangkat dari rumah kira-kira pukul 08.00.
(2) Walaupun sederhana, tetapi masakannya mengundang selera.
(3) Kemarin, kami sekeluarga pergi ke Dunia Fantasi, Ancol.
(4) Kami melanjutkan perjalanan hingga sampai di Dunia Fantasi.
(5) Sebelum sampai di sana, kami mampir di warung makan.

Susunan kalimat laporan tersebut yang tepat adalah ...
A. (5), (3), (1), (2), (4)
B. (5), (3), (4), (1), (2)
C. (3), (1), (5), (2), (4)
D. (3), (5), (2), (4), (1)

7. Bacalah kalimat berikut dengan seksama!
(1) Semua warga sekolah mulai siswa, guru, karyawan, sampai dengan orang tua ikut mendukung kegiatan ini.
(2) Pada bulan Mei 2012, sekolah kami mengikuti lomba Adiwiyata Nasional.
(3) Ketika pengumuman tiba, sekolah kami berhasil meraih juara pertama tingkat nasional.
(4) Pengelolaan sampah, kebersihan kelas, hingga penghijauan menjadi target kami.

Susunan kalimat tersebut yang tepat adalah ....
A. (4), (1), (3), (2)
B. (4), (2), (1), (3)
C. (2), (1), (3), (4)
D. (2), (4), (1), (3)

8. Bacalah kalimat berikut dengan seksama!
(1) Pengunjung tampak puas dan terpancar wajah gembira.
(2) Untuk menambah meriahnya kegiatan bazar tersebut, disajikan orgen tunggal.
(3) Semua kelas membuka stan dan menjual aneka kue, minuman, dan hasil karya.
(4) Kegiatan dipusatkan di  lapangan dan aula sekolah.
(5) OSIS SMP Permata Bangsa mengadakan bazar sosial.

Susunan kalimat laoran tersebut yang tepat adalah ...
A. (5), (4), (2), (3), (1)
B. (4), (3), (1), (5), (2)
C. (5), (4), (3), (1), (2)
D. (4), (3), (2), (5), (1)

9. Bacalalah kalimat berikut!
(1) Sesampainya di lokasi, penghuni Panti Asuhan gembira menyambut kami.
(2) Tepat pukul 07.00 kami berangkat dengan bus.
(3) Minggu, 3 April 2016 kami berkunjung ke Panti Asuhan.
(4) Setelah 60 menit kami dalam perjalanan lalu tibalah di lokasi.
(5) Semua siswa yang ikut, berkumpul di sekolah pukul 06.00
(6) Setelah pukul 06.30, peserta diberi pengarahan oleh ketua panitia.

Susuanan kalimat laporan tersebut yang tepat adalah ...
A. (3), (1), (4), (5), (6), (2)
B. (3), (5), (6), (2), (4), (1)
C. (5), (6), (3), (2), (4), (1)
D. (5), (2), (4), (6), (1), (3)


KUNCI JAWABAN

1) B, 2) B, 3) C, 4) B, 5) A, 6) C, 7) D, 8) C, 9) B, 10)
Sumber: Naskah Soal UN SMP/MTs Tahun 2013, 2014, 2015, 2016
Basindon
Bahasa Indonesia BlogUpdated at: Saturday, October 01, 2016

Kumpulan Soal Menentukan Latar pada Kutipan Cerita

Latar merupakan bagian dari unsur intrinsik karya sastra. Latar adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan tempat, waktu, dan suasana di dalam sebuah cerita.

Berikut ini adalah kumpulan soal tentang menentukan latar pada kutipan cerita (novel/cerpen).
Lihat juga: Kumpulan Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kelas 9

1. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Lampu-lampu mulai dinyalakan. Mereka larut dalam tawa dan obrolan yang tak jelas arahnya. Aku memandangnya dari balik meja yang penuh makanan dan minuman. Aku mencoba ingin ditatap mereka dengan menumpahkan segelas minuman, tapi tak ada yang mengalihkan perhatian padaku, semua sibuk dengan kegembiraan ini. Keputusan untuk ke luar dan mengamati keceriaan anak-anak berkejaran di halaman ternyata keputusan yang tepat.

Latar waktu dan tempat pada kutipan cerita tersebut adalah ...
A. malam hari, di halaman rumah
B. malam hari di ruang pesta
C. sore hari di dalam rumah
D. sore hari di ruang makan

2. Bacalah kutipan cerita berikut!
Kapal yang dinaiki Malin makin jauh, kepergian Malin diiringi lambaian tangan ibu Malin Kundang di pelabuhan. Selama berada di kapal, Malin Kundang banyak belajar tentang ilmu pelayaran pada anak buah kapal yang sudah berpengalaman. Di tengah perjalanan, tiba-tiba kapal yang dinaiki Malin Kundang diserang oleh bajak laut. Bahkan sebagian orang yang berada di kapal tersebut dibunuh. Malin Kundang sangat berharap tidak terbunuh karena ketika peritiwa itu terjadi, Malin segera bersembunyi di balik ruang kecil yang tertutup kayu.

Latar kutipan cerita tersebut adalah ...
A. di kapal, menegangkan
B, di kapal, mengharukan
C. di laut, menegangkan
D. di laut, mengharukan

3. Bacalah kutipan cerita berikut!
"Pa!" katanya, memanggil-manggil ayahnya di dalam kebun, yang sedang "joging". Di sudut kebun bertemulah ia dengan ayahnya.
"Pa!, Corrie berangkat, Pa!"
"Ya, Corrie, bersuka-sukalah anakku!"
"Terima kasih Pa, daah."
Maka cepatlah ia keluar halaman menuju ke jalan besar. Corrie tidak terasa bahwa ia pada waktu itu berjalan amat cepat, lebih cepat dari terbitnya matahari.

Latar waktu yang tergambar dalam kutipan cerita tersebut adalah ...
A. pagi hari
B. sore hari
C. senja hari
D. siang hari

4. Bacalah kutipan cerpen berikut!
"Aku tau tempat yang pas untuk makan siang sekaligus salat zuhur. Bagaimana?" tanya Marion.
"Ke mana? Masih jauh?" tanyaku khawatir karena perutku semakin keroncongan. Aku melihat sekeliling arel Louvre dan Arc de Triomphe du Carrousel. Tak ada kedai maupun kios makanan cepat saji di sana.

Latar pada kutipan cerita tersebut adalah ...
A. siang hari, di sebuah masjid
B. siang hari, di Louvre
C. sore hari, di Arc de Triomphe
D. sore hari, di sebuah kedai

5. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Sehabis pulang sekolah saat matahari sangat teik, Delta tampak tesenyum membuka tudung saji meja makan kecil mereka. Tanpa ganti baju dia langsung melahap makanan yang tersedia.
"Cuci tangan dulu, Guk"
"Tanggung Bu... lapar sekali"
"Oh ya... gimana tadi upacaranya? Sukses dengan sepatu baru?"

Latar pada kutipan cerpen tersebut adalah ...
A. siang hari, di ruang makan
B. pagi hari, di sekolah
C. siang hari, di rumah
D. sore hari, di lapangan ucara

6. Perhatikan kutipan cerita berikut!
Bibirku tak sanggup lagi untuk berbicara sepatah kata pun. Langsung kunonaktifkkan hp ku. Dan kulempar jauh dariku. Aku benarbenar tidak pernah menduga bahwa dia akan pindah. Kabar ini sungguh membuatku kehilangan tulang-tulang rangka yang menopang tubuhku. Badanku terasa sangat lemah dan aku hanya bisa terduduk lemas sambil menggigit guling yang ada digenggamanku.

Latar kutipan cerpen tersebut adalah ...
A. tempat duduk
B. tengah rumah
C. kamar tidur
D. kursi beranda
Basindon
Bahasa Indonesia BlogUpdated at: Saturday, September 24, 2016

Soal Tentang Cara Pengarang Menggambarkan Watak Tokoh

Perwatakan berkaitan dengan sifat-sifat tokoh yang digambarkan dalam cerita oleh pengarang. Penggambaran tokoh-tokoh dalam suatu cerita dapat menggunakan dua metode, yaitu metode analitik dan metode dramatik.

Metode analitik yaitu pengarang secara langsung memaparkan watak tokoh dengan jalan menyebutkan sifat-sifatnya. Misalnya: keras kepala, sombong, rendah hati, pemalu, dan bengis.

Metode dramatik yaitu penggambaran watak tokoh yang tidak diceritakan secara langsung oleh pengarangnya, tetapi disampaikan melalui hal-hal seperti cara berpakaian, postur tubuh, reaksi antaratokoh, tingkah laku tokoh, dan melalui cakapan baik dialog antartokoh maupun monolog.

Berikut ini adalah soal-soal yang berkaitan dengan cara pengarang menggambarkan watak tokoh di dalam cerita.
Lihat juga

1. Bacalah kutipan cerpen berikut!
"Ayo Adi, bangun-bangun," kata ibu. "Adi masih ngantuk Bu," jawab Adi malas, 'Sekrang sudah pukul 07.00 Adi!" Kata ibu setengah marah. Sontak aku terkejut. Mataku yang masih ngantuk sekarang menyala 100 watt. Langsung aku melompat dari tempat tidurku dan lari terbirit-birit ke kamar mandi. Byurrrr...bunyi air yang kutimba. Tanpa pamit ke ibu aku langsung mengayuh sepedaku ke sekolah. Namun apa daya, setibanya di sekolah bel tanda masuk sudah berbunyi. Ah!, sialnya nasibku.

Cara penulis menggambarkan watak tokoh Adi dalam kutipan cerita tersebut adalah ...
A. uraian pengarang dan suasana
B. Percakapan dan tingkah laku
C. tingkah laku dan jalan pikiran
D. jalan pikiran dan percakapan

2. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Pada siang yang murung itu, seorang laki-laki tambun keluar dari perut mobil dengan pengahnya dan berlari menuju beranda rumah bergaya limasan. Kedatangan laki-laki itu disambut seorang perempuan yang langsung menyodorkan handuk. Laki-laki yang menggosokkan handuk di kepalanya itu basah diguyur hujan deras.

Cara penulis menggambarkan watak tokoh pada kutipan cerita tersebut adalah ...
A. tindakan tokoh
B. dialog antartokoh
C. diceritakan langsung
D. diceritakan orang lain
Basindon
Bahasa Indonesia BlogUpdated at: Wednesday, September 21, 2016

Kumpulan Soal Menentukan Rangkuman Bacaan

Merangkum artinya menyatukan (merangkai) pokok-pokok pembicaraan (uraian, dan sebagainya) yang terpencar; meringkas (uraian, dan sebagainya) dalam bentuk pokok-pokok saja. (KBBI Daring)

Menulis rangkuman merupakan upaya menyarikan sebuah teks atau bacaan. Jadi, merangkum adalah mengambil inti sari sebuah bacaan dan menuliskannya kembali menjadi catatan ringkas.

Berikut ini adalah soal-soal tentang menentukan rangkuman bacaan.
Lihat juga: Kumpulan Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia

1. Bacalah bacaan berikut!
Energi adalah kemampuan sesuatu untuk berbuat, menghasilkan atau bekerja. Energi dibedakan menjadi dua, yaitu energi potensial dan energi kinetik. Energi potensial adalah energi yang timbul karena letaknya, sedangkan energi kinetik adalah energi yang timbul karena gerakannya.

Energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan. Energi hanya dapat berubah bentuk. Sebagai contoh, energi listrik menjadi energi cahaya pada lampu, energi listrik berubah menjadi energi panas pada setrika listrik, dan lain-lain.

Rangkuman yang tepat untuk bacaan tersebut adalah ...
A. Energi adalah kemampuan sesuatu untuk berbuat, menghasilkan atau bekerja.
B. Energi, baik yang potensial maupun yang kinetik, tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan.
C. Energi hanya dapat berubah bentuk, menjadi kinetik atau potensial.
D. Energi hanya berubah bentuk, dari energi listrik ke energi cahaya atau energi listrik ke energi panas.

2. Bacalah teks bacaan berikut!
Candi Prambanan terletak di daerah Prambanan. Asal-usul nama candi ini berkaitan dengan legenda “Loro Jongrang” yang menceritakan tentang dara yang jongrang atau gadis yang jangkung, putri Prabu Boko.

Candi Prambanan merupakan kelompok percandian Hindu yang dibangun oleh raja-rajanya Dinasti Sanjaya pada abad IX. Ditemukannya nama Pikatan pada candi tersebut menimbulkan pendapat bahwa candi ini dibangun oleh Rakai Pikatan yang kemudian diselesaikan oleh Rakai Bitung berdasarkan prasasti berangka tahun 856 M.

Rangkuman yang tepat untuk bacaan tersebut adalah ...
A. Candi Prambanan berkaitan dengan legenda “Loro Jongrang” yang menceritakaan seorang dara.
B. Candi Prambanan merupakan kelompok percandian Hindu yang dibangun oleh Raja Dinasti Sanjaya.
C. Candi Prambanan di daerah Prambanan merupakan kelompok percandian Hindu.
D. Candi ini dibangun oleh Rakai Pikatan dan dilanjutkan oleh Rakai Balitung.

3. Bacalah teks berikut!
Berbagai permasalahan linkungan saat ini makin jelas terlihat di berbagai tempat dari permasalahan global hingga banjir. Masalah-masalah tersebut mendesak kita untuk peduli agar lingkungan tidak menjadi bencana bagi kita.

Salah satu cara untuk peduli lingkungan adalah dengan melakukan daur ulang  sampah nonorganik . Daur ulang sampah nonorganik dapat menghemat energi dan membantu menjaga lingkungan. Kita dapat membantu menyelamatkan lingkungan dengan daur ulang sampah nonorganik seperti kertas, plastik, karet, dan kaleng.

Rangkuman yang tepat untuk bacaan tersebut adalah ...
A. Permasalahan lingkungan mendesak kepedulian  kita pada lingkungan melalui pendaurulangan sampah nonorganik.
B. Pemanasan glogabal menjadi masalah yang dapat diatasi dengan kepedulian kita terhadap lingkungan.
C. Daur ulang merupakan cara untuk menyelamatkan lingkungan dan dapat menghemat energi.
D. Penyelamatan terhadap lingkungan hanya bisa kita lakukan mulai saat ini dengan menghemat energi dan daur ulang sampah nonorganik.


KUNCI : B, C, A

Sumber: Soal UN SMP/MTs Tahun 2014
Basindon
Bahasa Indonesia BlogUpdated at: Tuesday, September 20, 2016

Kumpulan Soal Melengkapi Bagian Rumpang Pantun

Pantun merupakan salah satu jenis puisi lama. Lazimnya pantun terdiri atas empat larik (atau empat baris bila dituliskan), bersajak akhir dengan pola a-b-a-b.

Berikut ini adalah contoh soal pilihan ganda mengenai pantun yakni melengkapi bagian rumpang pantun.
Lihat juga : Kumpulan Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kelas 9

1. Perhatikan pantun berikut!
Kalau rotan dipanjat benalu
[ ... ] (1)
[ ... ] (2)
Berat tangan wajib dipikul

Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ...
A. Dipotong jangan biarkan tumbuh (1)
     Kalau beban sudah ke bahu (2)
B. Sekerat disimpan dalam bakul (1)
     Kalau beban sudah ke bahu (2)
C. Dipotong jangan biarkan tumbuh (1)
     Kalau mau hidup rukun (2)
D. Sekerat disimpan dalam bakul (1)
     Kalau mau hidup rukun (2)

2. Perhatikan pantun rumpang berikut!
Semangka manis dari Banjar
[ ... ] (1)
[ ... ] (2)
Supaya kita selalu berprestasi

Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ...
A. Pepaya jingga berbentuk kekar (1)
     Anak pintar penuh berbakti (2)
B. Membelah nangka pakai belati (1)
     Kita harus membawa tikar (2)
C. Jerapah Afrika berkepala besar (1)
     Tak perlu ragu untuk menaiki (2)
D. Pepaya karika tanpa biji (1)
     Upaya kita rajin belajar (2)

3. Perhatikan pantun berikut!
Pergi ke pasar membeli buah
[ ... ] (1)
Bekali hidup dengan sedekah
[ ... ] (2)

Larik yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang pantun tersebut adalah ...
A. Buah dibeli di pasar pagi (1)
     Supaya selamat dunia akhirat (2)
B. Buah dibeli di toko Pak Somat (1)
     Supaya selamat dunia akhirat (2)
C. Buah dibeli bersama ayah (1)
     Agar hidup tidak terjajah (2)
D. Buah dimakan bersama-sama (1)
     Agar teman tidak menjauh (2)

4. Perhatikan pantun berikut!
Ke mana kancil akan dikejar
[ ... ] (1)
Kecil-kecil rajin belajar
[ ... ] (2)

Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ...
A. Ke dalam hutan hendaklah cari (1)
     Setelah tua senanglah hati (2)
B. Ke kebun mencari makan (1)
     Kelak jadi orang yang pintar (2)
C. Ke dalam sawah mencari timun (1)
     Sudah tua panjang umur (2)
D. Ke ladang bertemu petani (1)
     Sudah tua hidup sengsara (2)

5. Perhatikan pantun berikut!
Buah nangka buah pepaya
Diberi paman dari belawan
[ ... ] (1)
[ ... ] (2)

Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ...
A. (1) Rajinlah membaca
     (2) banyak pengetahuan banyak ilmu
B. (1) Pandailah menjaga kata
     (2) Disukai teman disegani lawan
C. (1) Belajar sejak kecil
     (2) Supaya jadi orang dermawan
D. (1) Rajin belajar dari muda
     (2) Hidup kan sukses selalu

Basindon
Bahasa Indonesia BlogUpdated at: Sunday, September 18, 2016

Contoh Soal Melengkapi Kutipan Naskah Drama

1. Bacalah kutipan naskah drama berikut!
Eka : (menghampiri Doni dengan menyandang tas sekolah di punggungnya) Don, ayo bernagkat! Nanti hujan turun!

Doni : (memindahkan bola dengan kedua tangannya). Saya malas, Ka. Masa, dulu sampai sekarang les terus. Kapan saya main bola?

Eka : [ ... ]

Doni : Iya, tapi masa dari dulu hanya latihan mengerjakan soal-soal terus, bosan, ah.

Eka : Itu semua untuk mempersiapkan kita menghadapi UAS dan UN.Kalau sampai nggak lulus, baru tau rasa kau, Don!

Dialog yang tepat untuk melengkapi kutipan drama tersebut adalah ...
A. Jangan begitu, Don! Les itu kebutuhan siapa? Kebutuhan kita sendiri bukan?
B. Ya, sudah, main bola saja kamu. Aku akan berangkat les ya. Selamat main bola.
C. Kan kalau kita berangkat les, kita bisa bermain bola di lapangan itu.
D. Kamu mau apa, kok les gak kamu jalani dengan sunguh-sungguh.


2. Bacalah kutipan naskah drama berikut!
Perempuan tua : Kamu mau tinggal di sini bersama nenek?

Aminah : Tinggal bersama nenek? Lalu kalau ibu marah bagaimana?

Perempuan tua : Ibumu tidak akan marah karena nenek sudah minta izin. Satu, lagi, nenek akan memberimu hadiah.

Aminah : (mengangguk) Saya mau, tapi betul ya, Nek!

Perempuan tua : [ ... ]

Aminah : (dengan wajah berseri-seri) Setuju, Nek, aku janji.

Perempuan tua : Ya ... Nenek senang sekali.

Dilaog yang tepat melengkapi bagian rumpang kutipan naskah drama tesebut adalah ...

A. Ya kalau begitu nenek berpikir dulu untuk mempertimbangkan permintaanmu!
B. Ya tentu cucuku yang manis! Asal kamu berjanji untuk menuruti nasihat nenek!
C. Ya tentu saja anakku, nenek tidak akan pernah menyakitimu!
D. Ya tentu nak. Nenek akan membuatmu senang dan bahagia!

(Soal UN SMP/MTs Tahun 2015)

Kunci: A, B
Basindon
Bahasa Indonesia BlogUpdated at: Saturday, September 17, 2016

Kumpulan Soal tentang Surat Pribadi

Surat pribadi adalah surat yang digunakan untuk kepentingan pribadi. Surat dapat berupa korespondensi antara sesama teman atau keluarga. Lihat: Bagaimana Menulis Surat Pribadi yang Baik

Berikut adalah soal-soal tentang surat pribadi.
Lihat juga: Kumpulan Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kelas 9

1. Cermati ilustrasi berikut!
Salah satu keluargamu mendapat musibah kebakaran dan berharap kamu bisa membantunya. Sementara kamu sendiri hidupnya pas-pasan, berbeda dengan temanmu yang  serba berkecukupan dan sangat dermawan. Kamu ingin berkirim surat untuk meminta uluran bantuan temanmu.

Surat pribadi yang tepat berdasarkan berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ...
A. Sahabatku sekarang ini aku mendapat musibah kebakaran. Aku berharap dirimu bisa membantukku.
B. Sahabatku, salah satu keluargaku terkena musibah kebakaran, dan ia minta bantuanku. Kamu tahu kan, aku sendiri hidup pas-pasan. Kalau tidak keberatan kiranya dirimu mau meringankan beban saudaraku.
C. Sahabat hidupmu serba berkecukupan. Aku minta tolong kepadamu untuk membantu saudaraku yang terkena musibah kebakaran.
D. Sahabatku yang baik kali ini aku benar-benar butuh bantuanmu. Keluargaku terkan musibah, besar harapanku dirimu bersedia untuk membantu.

(Soal UN SMP/MTs Tahun 2015)

2. Robert akan mengunjungi Panti Asuhan Cinta Kasih di Bandung. Dia akan menyumbangkan buku-buku bacaannya. Robert bermaksud mengajak Adi, sahabatnya yang kini tinggal di kota lain.

Isi surat pribadi yang sesuai denga ilustrasi tersebut adalah ...
A. Di, saya akan berkunjung ke Panti Asuhan Cinta Kasih. Kamu mau ikut tidak? Kalau mau ikut beli bukunya ya!
B. Di, ada panti asuhan yang kekurangan buku. Saya berencana mencari buku-buku yang mereka butuhkan. Kamu bisa bantu saya kan?
C. Di, saya akan ke Panti Asuhan Cinta Kasih. Saya akan menyumbangkan buku-buku bacaan. Saya harap kamu bisa menyumbang juga.
D. Di, kamu ada buku bacaan di rumah. Kalau bisa saya pinjam ya. Saya akan ke panti asuhan.

(Soal UN SMP/MTs Tahun 2013)

3. Cermatilah ilustrasi berikut!
Temanmu mengadakan pesta kebun pada hari ulang tahunnya dan menawarkan kepadamu melalui surat untuk berakhir pekan di rumahnya. Setelah membaca surat berhubungan dengan tawaran temanmu tersebut, kamu menyatakan tidak bisa hadir karena ada Persami.

Isi surat pribadi yang sesuai ilustrasi tersebut adalah ...
A. Persami pasti meriah. Aku sudah bisa membayangkannya. Rugi rasanya kalau aku tidak datang. Tapi, tanggal 30 Juni itu, aku harus berangkat ke Surabaya. Ada tes untuk beasiswa pelajar di Singapura. Maaf, ya. Tapi, aku pasti datang setelah pulang dari Surabaya.
B. Senang sekali menerima suratmu, terutama tawaranmu berakhir pekan di Bogor. Jumat malam aku ke rumahmu, ya? Betul akan ada pesta kebun pada Sabtu sore? Bagaimana kalau aku bawa kue buatan Mama yang kamu suka? Sampai ketemu Jumat malam, ya.
C. Senang menerima suratmu. Pasti meriah pestamu. Aku minta maaf tidak bisa memenuhi undanganmu karena ada acara Persami di sekolah. Aku doakan kamu supaya panjang umur dan tetap semangat.
D. Aku tahu suratmu engkau nanti-nantikan, maaf baru aku balas. Aku tidak dapat memenuhi undanganmu. Menyesal rasanya tidak bisa hadir di acaramu pada pekan depan. Nenekku baru sakit keras, aku tidak berani pergi jauh-jauh. Maaf, ya.

(Soal UN SMP/MTs Tahun 2013)

4. Cermatilah ilustrasi berikut!
Irma baru saja membantu korban bencana kebakaran di kotanya. Kebetulan rumah yang terbakar itu tetangganya sendiri. Ia menceritakan pengalaman tersebut kepada Santi.

Isi surat pribadi yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
A. Irma yang baik, apa kabarmu? Semoga baik-baik ya ... keluargaku juga dalam keadan baik dan sehat semua. Kita patut bersyukur kepada Tuhan.
B. Santi, sungguh ini pengalaman bagiku. Aku telah turut membantu tetanggaku yang tertimpa musibah kebakaran. Aku berbagi baju dan perlengkapan sekolah, kebetulah anak orang yang rumahnya kebakaran itu adalah teman sekolahku.
C. Irma, coba saja engkau ada di saat kejadian itu, pasti juga dapat merasakan kebahagiaan seperti yang kurasakan. Aku berhasil dalam ajang kompetisi di sekolahku.
D. Santi, kuharap engkau tidak lupa dengan janjimu. Liburan sudah kurang satu minggu lagi, rasanya tak sabar aku menunggu kehadiranmu di kampung halamanku. Aku akan ajak kamu berkeliling di desaku tercinta.

(Soal UN SMP/MTs Tahun 2013)

Kunci: B, C, C, B

Basindon
Bahasa Indonesia BlogUpdated at: Saturday, September 17, 2016

Contoh Soal tentang Surat Pembaca

Surat pembaca ialah surat yang dimuat dalam surat kabar dan sebagainya (KBBI versi online)

Dalam pengertian lain, surat pembaca adalah opini singkat yang ditulis oleh pembaca. Opini singkat ini dimuat dalam rubrik khusus surat pembaca.

Soal tentang surat pembaca sering dijumpai pada Ujian Nasional (UN). Hampir di setiap tahun, soal tentang surat pembaca selalu dimasukkan pada naskah soal UN Bahasa Indonesa SMP/MTs. Oleh sebab itu, para siswa perlu memahami bagamana model soal tentang surat pembaca.

Berikut ini adalah soal tentang surat pembaca.
Lihat juga: Kumpulan Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kelas 9

1. Cermati ilustrasi berikut!
Jumlah WC siswa di SMP Sehati sudah sesuai dengan rasio jumlah siswa, tetapi terlihat kotor dan baunya menyengat. Hal itu disebabkan kurang tercukupinya air bersih. Air dari PDAM tidak dapat memenuhi total kebutuhan air di SMP Sehati. Nina ingin memperbaiki lingkungan sekolahnya. Dia menulis surat pembaca kepada pihak komite sekolah agar air bersih di WC siswa tercukupi.

Surat pembaca yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
A. Jumlah WC siswa di SMP Sehati mencukupi namun debit air bersihnya tidak mencukupi. Akibatnya, WC menjadi kotor dan baunya menyengat. Kiranya masalah ini bisa segera ditangani. Bila memungkin komite sekolah dapat membantu membangun pompa air untuk memenuhi kebutuhan air tersebut karena PDAM tidak mampu memenuhinya.

B. Jumlah WC siswa di SMP Sehati tergolong banyak namun kotor dan berbau. Hal itu disebabkan debit air tidak  mencukupi. Sayang hal tersebut tidak pernah mendapatkan perhatian. Komite sekolah sebagai wakil wali murid harus menegur kepada sekolah.

C. Jumlah WC siswa di SMP Sehati sebenarnya sudah memenuhi rasio, namun kotor dan bau. Penyebabnya debit air yang tersedia tidak mencukupi. Pasti hal itu tidak akan terjadi bila kepala sekolah memperhatikan. Bila memungkinkan pengurus komite sekolah menegur direktur PDAM karena pelayanannya mengecewakan.

D. Jumlah WC siswa SMP Sehati sudah mencukupi namun volume airnya tidak mencukupi akibatnya kotor dan berbau menyengat. Kiranya masalah ini segera bisa ditangani bila perlu pengurus komite mendatangi direktur PDAM untuk memenuhi air bersih di SMP Sehati.

2. Cermati ilustrasi berikut!
SMP Pusponegoro Bojongsari mempunyai lahan yang luas. Namun, lahan tersebut dibiarkan gersang, tidak ditanami apa-apa. Untuk itu, Rusli meminta kepala sekolah untuk menghijaukan lahan tersebut.

Surat pembaca yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
A. Kami sangat beruntung bersekolah yang  mempunyai lahan bermain yang luas. Sehingga waktu istirahat kami tidak keluar lingkungan sekolah.

B. Fasilitas sekolah kami cukup lengkap. Taman, lahan bermain, dan jumlah kelas sangat memadai. Sayangnya itu semua tidak dipelihara dengan baik.

C. Sebenarnya lahan sekolah kami cukup luas. Namun, kami merasakan kegersangan dan panas. Mohon kepada Bapak, lahan yang luas itu ditanami pepohonan agar nampak hijau dan sejuk.

D. Mungkin di kabupaten ini, sekolah kami lah yang mempunyai lahan begitu luas. Lahan tesebut dapat dimanfaatkan untuk praktik anak-anak, misalnya menanam tumbuhan/pohon tertentu.

Basindon
Bahasa Indonesia BlogUpdated at: Friday, September 16, 2016

Contoh Soal tentang Pengumuman

Pengumuman menurut pengertian di KBBI versi online adalah papan untuk mengumumkan hal-hal yang perlu diketahui oleh banyak orang.

Berikut ini adalah contoh soal tentang pengumuman.

1. Cermatilah ilustrasi berikut!
SMP Negeri 2 Adimulyo akan mengadakan lomba berpidato pada tanggal 2 Mei 2016. Lomba tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional. Siswa yang berminat mengikuti lomba tersebut harus mendaftar pada guru bahasa Indonesia paling lambat 30 April 2016.

Pengumuman yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ....
A. Dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei 2016, para siswa diharuskan mendaftarkan diri kepada guru bahasa Indonesia masing-masing untuk mengikuti Lomba Berpidato.

B. Lomba berpidato akan dilaksanakan dalam rangka hari Pendidikan Nasional. Oleh karena itu, para siswa diharapkan segera mendaftar kepada guru bahasa Indonesia masing-masing.

C. Dalam rangkan memperingati hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei 2016, SMP Neggeri 2 Adimulyo akan mengadakan Lomba Berpidato. Segera daftarkan diri kepada guru bahasa Indonesia, pendaftaran lomba paling lambat tanggal 30 April 2016.

D. SMP Negeri 2 Adimulyo mengadakan Lomba Berpidato pada tanggal 30 April 2016. Peserta lomba adalah siswa yang ditunjuk oleh guru bahasa Indonesia masing-masing. Tema lomba adalah peringatan hari Pendidikan Nasional.

2. Cermatilah ilustrasi berikut!
Pembina OSIS akan memberikan pembekalan terkait pembuatan program kerja OSIS. Semua pengurus OSIS diminta berkumpul di ruang OSIS setelah bel pulang sekolah.

Pengumuman yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
A. Pembina OSIS akan memberikan pembekalan terkati pembuatan program OSIS. Semua pengurus harap mengikuti dengan tertib.

B. Peserta rapat yakni seluruh anggota OSIS supaya menghubungi temannya untuk berkumpul di ruang OSIS.

C. Seluruh pengurus OSIS setelah bel pulang sekolah, harap ke ruang OSIS ada pembekalan pembuatan program kerja oleh pembina OSIS.

D. Berhubungan semua siswa pengurus OSIS sudah berkumpul maka pembina OSIS diminta datang ke ruang OSIS.

3. Cermatilah ilustrasi berikut! Peringatan Hari Guru akan dilaksanakan hari Kamis tanggal 24 November 2016. Ini tidak sesuai dengan rencana sebelumnya, yaitu Jumat, 25 November 2016. Peringatan tersebut akan diisi dengan kegiatan lomba memasak antarkelas.

Pengumuman yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
A. Pelaksanan Lomba Memasak dalam rangka Hari Guru akan dilaksanakan hari Jumat, 25 November 2016. Ketua kelas dimohon mengambil formulir lomba pada panitia.

B. Pelaksanaan Lomba Memasak dalam rangka Hari Guru akan diubah pada Jumat, 24 November 2016. Ketua kelas dimohon mengembalikan formulir lomba pada panitia.

C. Pelaksanaan lomba Memasak dalam rangka Hari Guru akan dilaksanakan hari Kamis, 24 November 2016. Ketua kelas dimohon mengembalikan formulir lomba pada panitia.

D. Pelaksanaan Lomba Memasak dalam rangka Hari Guru diralat menjadi hari Kamis, 24 November 2016. Ketua kelas dimohon mengambil formulir lomba kepada panitia.

4. Bacalah ilustrasi berikut!
Ulangan umum kenaikan kelas sudah berakhir. Sebelum pembagian rapot, para siswa harus sudah mengembalikan buku. Petugas perpustakaan menempelkan informasi pengumuman di mading.


Pengumuman yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ...
A. Kepada paras semua siswa harap mengembalikan buku. Jadwal telah di pasang di dinding.

B. Kepada semua siswa mengembalikan buku perpustakaan sudah dimulai. Perhatikan jadwal di dinding.

C. Harap buku perpustakaan yang dipinjamkan segera dikembalikan ke perpustakaan. Sudah ditempel di dinding jadwalnya.

D. Harap semua siswa mengembalikan buku perpustakaan. Jadwal pengembalian buku dapat dilihat di dinding informasi perpustakaan.

5. Bacalah ilustrasi berikut!
SMP Candrakirana Jakarta akan mengadakan Pentas Seni (pensi). Kegiatan akan dilaksanakan Sabtu, 24 September 2016 di lapangan upacara. Masing-masing kelas diharapkan mengisi acara. Agar kegiatan belajar lancar dan sukses, ketua panitia menulis pengumuman di mading sekolah.

Pengumuman yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ...
A. Seluruh siswa SMP Candrakirana wajib mengisi acara pensi di sekolah, kami tunggu informasinya terakhir tanggal 23 September 2016.

B. Para wali kelas agar tampil pada acara pensi, tanggal 24 September 2016 yang dilaksanakan oleh sekolah.

C. Para ketua kelas mohon mempersiapkan kelasnya untuk tampil pada acara pensi, 24 September 2016.

D. Ketua-ketua kelas harap mempersiapkan diri untuk tampil pada acara pensi, 24 September 2016 di sekolah.

Basindon
Bahasa Indonesia BlogUpdated at: Thursday, September 15, 2016

Kumpulan Soal Tentang Menentukan Tema Puisi

Tema merupakan salah satu unsur pembentuk puisi (unsur batin). Tema adalah sesuatu yang menjadi pikiran pengarang. Sesuatu yang menjadi pikiran tersebut dasar bagi puisi yang diciptakan oleh penyair.

Berikut adalah soal-soal tentang menentukan tema puisi.
Lihat juga:
Pilihlah jawaban yang tepat pada soal-soal di bawah ini!
1. Bacalah puisi berikut!
          Guru
Kaulah yang membimbing kami di sekolah
Dengan ilmu kau berikan kepada kami
Tak kenal lelah dan tak akan menyerah
Kau bagai orang tua kami di sekolah

Tema puisi tersebut adalah ...
A. ketulusan seorang anak
B. pengorbanan orang tua
C. pengabdian seorang guru
D. perjuangan seoragn pahlawan

2. Bacalah kutipan puisi berikut!
          Sinabung

Berbulan meronta
Porak-porandakan seisi kota
Saat itu kau termenung
Pukul sepuluh asap membumbung
Abu bergulung mengepung
Saudaraku datang disambut digulung
Akhirnya berkabung seisi kampung

Tema puisi tersebut adalah ...
A. Sinabung akan meletus
B. Korban letusan Sinabung
C. Abu Sinabung menutup kampung
D. Kehancuran kampung Sinabung

3. Bacalah kutipan puisi berikut!
Setelah perang memberi kita
Puing demi puing kepapaan dan air mata
Daftar jenazah yang sentiasa bertambah
Hutang dalam ratusan jam kerja
Timbullah kini kesabaran dan kekuatan
Memikul berat beban nestafa
Seorang tiada hingganya

(Taufik Ismail 1965)

Tema puisi tersebut adalah ...
A. Perang menumbuhkan dendam.
B. Kedamaian tumbuh setelah perang.
C. Perang menimbulkan hutang.
D. Perang mengakibatkan kesengsaraan.

4. Perhatikan kutipan puisi berikut!
Sembilan bulan aku dalam kandungan
Engkau lahirkan aku
Engkau rawat hingga tambah besar
Dengan penuh kasih sayang
Ibu engkau ajari aku berjalan
Engkau ajari aku bicara
Engkau bagaikan malaikatku
Dikala aku sedih Engkau selalu ada menghiburku

Tema puisi tersebut adalah ...
A. kasih ibu
B. ibu adalah malaikat
C. perawat hatiku
D.  ibu kandung

5. Perhatikan kutipan puisi berikut!
          Ayahku

Ayahku tidak kaya harta
Kekayaannya ialah cita-cita
Dia minyak, dia obor
Kami tinggal memanfaatkannya

Ayahku presiden
Dalam hatiku
Dalam hati kami

Tema puisi tersebut adalah ...
A. kehebatan seorang ayah
B. kebanggan pada ayah
C. kasih sayang seorang ayah
D. kesederhanaan seorang ayah

6. Perhatikan kutipan puisi berikut!
          Nenekku tercinta

Rasanya nenek masih duduk di tepi jendela
Tanganmu sibuk merenda
Kacamata sebentar-sebentar merosot di hidungmu
Lagi tiga orang cucu
Selalu mengganggumu
Nenekku dengan sabar melayani kami
Nenekku, kenapa engkau cepat tiada?

Tema kutipan puisi tersebut adalah ...
A. kematian seorang cucu
B. kegalauan hati nenek
C. kenangan tentang nenek
D. kesedihan cucu yang terobati

7. Bacalah dengan cermat penggalan puisi berikut!
Ibu,
Kalau aku beranjak dewasa,
Kalau aku membutuhkan tempat bertanya,
Kenapa ibu pergi?

Tema penggalan puisi di atas adalah ...
A. kasih sayang ibu
B. kepergian ibu
C. kejengkelan ibu
D. kesedihan ibu

8. Perhatikan puisi berikut!
          Untuk Presiden Baru

Segala prosesi sudah berlalu
Di pundakmu kini terpikul amanah
Jutaan tangan memohon menengadah
Merajut asa dengan hati penuh gelisah
Harapkan masa depan kian cerah

Kami tak lagi butuh janji
Tak juga butuh panji-panji
Bukalah segala jurus-jurus sakti
Mantapkan rencana tampakkan bukti
Moga bahagia tak lagi sekedar mimpi
Dan derita lama kian hari kian terobati

Tema yang tepat untuk puisi tersebut adalah ...
A. presiden baru
B. harapan perubahan
C. tuntutan bukti janji
D. penderitaan lama

9. Perhatikan penggalan puisi berikut!
          Tuhanku

di dalam setiap sembahyangku aku melihat
segala bangunan yang kami ciptakan dalam
kehidupan, ternyata hanyalah ulat-ulat
busuk dan menjijikkan

Tema kutipan puisi di atas adalah ...
A. sembahyang
B. ulat membusuk
C. kehidupan
D. pengakuan dosa

10. Bacalah puisi berikut dengan seksama!
          Saat Itu

Saat mentari mulai terbit
Itulah awal aku mengenalmu dalam buku
Saat raja siang membakar
Itulah awal aku bersamamu
Saat hujan turun dengan lebat
Itulah saat aku menghawatirkanmu
Saat bintang bertabur dan bulan tersenyam
Itulah saat aku memikirkanmu
Saat malam semakin larut
Saat itulah aku merasa takut untuk kehilangan dirimu

Tema puisi tersebut adalah ...
A. orang yang sangat setia
B. keakraban seseorang dengan waktu
C. orang yang sedang marah
D. kerinduan seseorang pada ilmu

11. Bacalah puisi berikut!
Fatima
Dilindungi gubuk tua sederhana
Tinggal di sana Fatima dan anaknya
Ditinggal mati suaminya
Anak empat tak berdosa korbannya
Hutang judi ditinggalkannya

Burung-burung telah berkicauan
Dedaunan bermandi embun
Terpikir mulai perjuangan
Tak mulai perjuangan

Roda waktu Fatima takluki
Ditemani keringat dan daki
Hamparan sawah tempat mengais rezeki
Anak-anak tercinta setia menemani

Tema puisi tersebut adalah ...
A. Mengenang suami
B. Semangat juang
C. Gubuk tua sederhana
D. Anak-anak Fatima

12. Bacalah puisi berikut!
Dalam terik matahari esok hari
Ku masih duduk di sini
Bak seonggok sampah
Tertiup angin kemarau yang membakar jiwa
Tergores luka hingga berdarah-darah
Ingin kumenjerit sekuat tenaga
Namun mulut terbekap oleh pisau kedudukan

Tema puisi tersebut adalah ...
A. Kesanggupan menahan angin
B. Kepasrahan menjalani hidup
C. Keperkasaan menantang bahaya
D. Kesepian menghalau kedudukan

13. Bacalah kutipan puisi berikut!
Semut itu
Begitu kecil tubuhmu
Berangkat bertaut pijak
Gotong royong dalam ketangguhan
Benda sebesar gunung pun kan terangkat
Hidupmu ajarkan kebersamaan
Saling gandeng tangan
Tuk semua urusan

Tema puisi tersebut adalah ...
A. Semangat rakyat
B. Keadilan bersama
C. Keberanian berbuat
D. Makna kebersamaan


Kunci: 1) C, 2) B, 3) D, 4) A, 5) D, 6) C, 7) B, 8) B, 9) D, 10) D, 11) B, 12) B, 13) D

Basindon
Bahasa Indonesia BlogUpdated at: Wednesday, September 14, 2016

Soal Tentang Citraan dalam Puisi

Citraan merupakan salah satu unsur pembentuk puisi. Citraan ialah gambaran-gambaran angan dalam sajak (Pradopo, 2012: 79).

Berikut ini adalah soal-soal tentang citraan dalam puisi.

Pilihlah jawaban yang tepat!
1. Bacalah puisi berikut!
Suasana indah hati bergairah (1)
Dewi malam bersinar terang (2)
Bintang-bintang bertaburan (3)
Sungguh besar keagungan Illahi (4)

Citraan perasaan pada puisi tersebut terdapat pada larik ke ....
A. (1) dan (4)
B. (2) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (3) dan (4)

2. Bacalah puisi berikut!
Hutan yang dulu rimbun
Kini tinggal tonggak
Lambang angkuh dan congkak

Burung tak lagi bersiul
Embun tak lagi bergantung
Di ujung daun
Ranting menusuk matahari

Citraan pada bait pertama adalah ...
A. Perasaan
B. Pendengaran
C. Penglihatan
D. Perabaan

3. Bacalah puisi berikut!
Capung yang gelisah
Srigunting menukik resah
Di pohon-pohon kecil di bawah
Di atas tanggul sejarah

Di luar sungguh mengalir
Dalam garis-garis

Citraan puisi tersebut adalah ...
A. Pengelihatan
B. Pendengaran
C. Perasaan
D. Penciuman
Basindon
Bahasa Indonesia BlogUpdated at: Tuesday, September 13, 2016

Contoh Soal Tentang Menulis Pesan Singkat (Memo)

1. Cermati ilustrasi berikut!
Kepala sekolah akan menghadiri undangan Kepala Dikpora yang betempat di ruang rapat kantor Dikpora. Dalam waktu bersamaan juga ada undangan rapat MKKS. Kepala sekolah menulis pesan singkat kepada wakil kepala sekolah untuk menghadiri rapat MKKS.

Isi pesan singkat yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
A. Mohon mewakili saya menghadiri rapat di Aula.
B. Mohon mewakili saya menghadiri rapat MKKS.
C. Tolong hadiri rapat MKKS bersama saya,
D. Tolong saya menghadiri rapat MKKS di Aula.

2. Cermatilah ilustrasi berikut!
Hari Senin, 12 September 2016 kepala sekolah akan menjadi pembina upacara bendera. Tiba-tiba ia harus mengikuti lokakarya tingkat nasional di Jakarta. Ia menulis pesan singkat pada Bu Siwi, guru di sekolah itu, untuk menggantikan tugasnya menjadi pembina upacara.

Isi pesan singkat yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
A. Bu Siwi, tolong gantikan saya menjadi pembina upacara hari Senin. Saya mengikuti lokakarya di Jakarta.
B. Bu Siwi harus siap menggantikan saya menjadi pembina upacara. Saya akan mengikuti lokakarya nasional.
C. Maaf Bu, saya tidak dapat menjadi pembina upacara karena dinas luar. Tolong gantikan saya.
D. Maaf Bu, saya akan mengikuti lokakarya nasional di Jakarta. Tolong gantikan saya menjadi pembina upacara.

[Jawab: 1) B, 2) A, ]
Basindon
Bahasa Indonesia BlogUpdated at: Sunday, September 11, 2016

Contoh Soal Tentang Catatan Buku Harian

1. Bacalah ilustrasi berikut dengan seksama!
Pada hari Jumat 25 November 2016, kamu ditunjuk menjadi pembaca puisi dalam peringatan Hari Guru. Kamu dapat melaksanakan dengan baik dan mendapat pujian dari teman-teman serta guru-gurumu.

Catatan buku harian yang paling sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
A. Jumat , 25 November 2016. Hari ini aku senang sekali. Pagi ini aku ditunjuk menjadi pembaca puisi dalam peringatan Hari Guru. Aku dapat melaksanakannya dengan baik. Teman-teman dan guru memuji kemampuanku.
B. Jumat , 25 November 2016. Alangkah senang hati Amir pada hari Senin ini. Pagi ini Amir ditunjuk menjadi pembaca puisi dalam peringatan Hari Guru. Amir dapat melaksanakannya dengan baik. Teman-teman dan guru memuji kemampuannya.
C. Jumat , 25 November 2016. Hari ini dia senang sekali. Dia ditunjuk menjadi pembaca puisi. Ia dapat melaksanakannya dengan baik, Guru-guru dan teman-teman memuji kemampuanku.
D. Jumat , 25 November 2016. Alangkah senangnya hati ini. Ita ditunjuk menjadi salah satu petugas upacara. Ita dapat melaksanakannya dengan baik, Guru-guru memuji kemampuanku.

2. Bacalah ilustrasi berikut!
Hari itu, Sabtu 11 Juni 2016 pukul 10.00 WIB saat pengumuman kelulusan. Jofan kelas IX-B mendapatkan juara 1 dengan jumlah NEM tertinggi di sekolahnya. Rasa bangga dan haru yang selama ini  diimpikan kini terwujud. Ia bersyukur dan terima kasih kepada Tuhan.

Catatan buku harian Jofan yang paling sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
A. Sabtu, 11 Juni 2016 saat yang kutunggu-tunggu telah tiba. Hore aku lulus ujian. Terima kasih Tuhan.
B. Sabtu, 11 Juni 2016 Jofan diumumkan sebagai juara kelas dengan nilai tertinggi. Bangga sekali aku. Terima kasih Tuhan.
C. Sabtu, 11 Juni 2016, tepatnya pukul 08.00 WIB. Kepala sekolah mengumumkan juara sekolah dengan nilai raport tertinggi. Terima kasih Tuhana kau telah mengabulkan impianku.
D. Sabtu, 11 Juni 2016, tepatnya pukul 10.00 WIB. Jantungku berdebar-debar saat itu dibacakannya hasil ujian nasional dengan nilai tertinggi. Ternyata aku juara satu, bangga dan haru menjadi satu impianku terkabul. Terima kasih Tuhan.


[ Kunci Jawaban: 1) A, 2 D ]
Basindon
Bahasa Indonesia BlogUpdated at: Sunday, September 11, 2016

Contoh Soal Melengkapi Puisi Dengan Larik Bermajas

Larik bermajas adalah kata-kata kiasan yang terdapat di dalam puisi. Majas sendiri merupakan salah satu unsur pembentuk puisi.

Contoh Soal Melengkapi Puisi Dengan Larik Bermajas

1. Bacalah kutipan puisi berikut!
Bunda kasihmu
Tiada tara padaku
Kau bimbing aku
Kau rawat diriku
Dengan penuh sabar,
Bunda [ ... ]

Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut adalah ...
A. Kasihmu tanpa pamrih
B. Tiada kata jenuh darimu
C. Kasihmu sepanjang jalan
D. Ku akan membalas jasamu

2. Bacalah kutipan puisi berikut!
Ada podang pulang ke sarang
[ ... ]
Pulang ya pulang, hai petualang!
Anakku datang anakku pulang
Kembali kucium, kembali kusayang

Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut adalah ...
A. Kiacaunya panjang berulang-ulang
B. Kicaunya terdengar merdu
C. Bernyanyi merdu berdendang riang
D. Berkicau di atas pohon

3. Bacalah kutipan puisi berikut!
Angin Hutan Cemara
Angin hutan cemara
[ ... ]
Buru-buru bangkit
Menyongsong petani
Yang bergegas naik

Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut adalah ...
A. Ditergur mentari pagi
B. Berjalan pelan-pelan
C. Kembali pulang ke rumah
D. Diringi kicau burung

4. Perhatikan kutipan puisi berikut!
Berkenalan dengan sepi
[ ... ]
Jalanan berderu tak berhenti
Lewat nasip menatapnya
Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi kutipan puisi tersebut adalah ...

A. Pada malam aku terkenang
B. Dalam gelap malam gulita
C. Sepi yang diam seribu bahasa
D. Melewati jalanan yang berbatu

5. Perhatikan kutipan puisi berikut!

                       AWAN
Bersusun bersorak tahtamu di angkasa
Lukisan abstrak mempesona
Di kanvas yang terbentang sepanjang pandang
Warnamu sapuan kuas
Yang Maha Sempurna

Beiririn berbaris digiring sinar matahari.
[ ... ]
Mengantarmu ke segala penjuru

Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi kutipan puisi tersebut adalah ...
A. Awan biru bergemuruh
B. Angin bertiup perlahan
C. Burung terbang di angkasa
D. Bayu di ujung jalan

6. Perhatikan kutipan puisi berikut!
Gemercik air sungai (1)
Begitu beningnya (2)
Bagaikan Zamrud Khatulistiwa (3)
Itulah alam desaku yang permai (4)
Tempat aku dilahirkan (5)

Larik bermajas pada kutipan puisi tersebut adalah pada larik ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

7. Perhatikan kutipan puisi berikut!
                 "Bukit dan Gunung"

Naik bukit nikmat (1)
Turun bukit penat (2)
Aku mendaki gunung ingin ke puncak (3)
Bercakap-cakap dengan awan (4)
Aku jatuh! Tolong kawaaaaan! (5)

Larik bermajas pada puisi tersebut ditunjukkan dengan nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

8. Perhatikan kutipan puisi berikut!
Aku mendengar ada yang menjerit (1)
Ketika dinamit itu menggoyang bukit-bukit (2)
Kabut gemetar berlarian tak menentu arah (3)
Ketika dari moncong-moncong asap raksasa (4)
Debu hitam menyembur ke angkasa (5)

Larik bermajas pada puisi tersebut adalah ....
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)

9. Perhatikan puisi berikut!
Bulan tampak merenung
Seberkas haru terbalut
Terpaku menatap jiwa
Hangatkan raga
Bulan tak ingin tertawa
Kala waktu enggan berkawan
[ ... ]
Alam gelap melalap habis

Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut adalah ...
A. awan tertutup kabut
B. matahari belum terlihat
C. saat bintang bersembunyi
D. alam begitu sepi

10. Bacalah puisi berikut!
Merapi
menyemburkan lava ke angkasa
menyiramkan abu vulkanik ke bumi
rakyat berlari
mencari tempat yang aman
merapi.
[ ... ]

Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut adalah ...
A. rakyat berlari
B. kini kau meletus kembali
C. mencari tempat yang aman
D. kini kau bangkit lagi dari tidurmu

11. Bacalah kutipan puisi berikut!
(1) Guru, ilmu yang kau berikan
(2) Bermanfaat bagi anak didikmu
(3) Guru, nasihatmu akan kami ingat selalu
(4) Engkau sangat menyayangi kami, tatapanmu lembut menyapa

Larik bermajas pada puisi tersebut pada nomor ...
A. kesatu
B. kedua
C. ketiga
D. keempat

12 Bacalah puisi berikut!
(1) Bambu runcing yang menancap ragamu
(2) Tubuh bersimbah darah
(3) Kalau kau berjuang
(4) Demi Indonesia tercinta
(5) Lautan berteriak ..
(6) Rerumputan memotong dengan desaunya
(7) Siang meledak dengan mataharinya
(8) Akan hilangnya sosok permata jiwa

Majas pada puisi tersebut terdapat pada larik ...
A. (1) dan (2)
B. (3) dan (4)
C. (5) dan (6)
D. (7) dan (8)

13. Bacalah kutipan puisi berikut!
Bertudung langit selalu biru
Tempat cahaya selalu benderang
Tempat udara selalu bersih
Tempat angin selalu nikmat
[ ... ]

Larik bermajas untuk melengkapi bagian rumpang puisi tersebut adalah ...
A. Tempat menari si burung camar
B. Di tempat sepi, di mana hanya
C. Di sana kuingin berkubur
D. Di pundakmu wahai ibuku

14. Bacalah puisi berikut!
Lihatlah langit sebelah barat
Lautan warna dibuat teja
Berkilau-kilau di darat
[ ... ]
Makin lama muram cahaya
Awan kelabu perlahan melayang
Melayang, melayang entah ke mana
Laksana mimpi ia menghilang

Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut adalah ...
A. Ke langit yang biru
B. Ke cakrawala ditemani mega
C. Ke langit yang hitam pekat
D. Ke laut yang bitu kelabu

Basindon
Bahasa Indonesia BlogUpdated at: Friday, September 09, 2016