Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kumpulan Soal Teks Biografi (Bagian II)

Bacalah teks berikut, kemudian kerjakan soal nomor 1 s.d. 3!
(1) Made Tantrawan lahir di Gianyar Bali, 12 Januari 1981. Ia merupakan anak kedua dari tiga bersaudara pasangan I Wayan Beranta dan NI Ketut Kanten. Kecintaannya kepada matematika dimulai sejak ia masih duduk di bangku sekolah dasar.

(2) Mulai SMP Made berani ikut Olimpiade Sains Nasional mewakili Bali meskipun belum mendapat juara. Namun, sejak mulai masuk SMAN 3 Bali, selama dua tahun berturut-turut ia menjadi finalis OSN tingkat nasional. Pada keikutsertaan yang kedua, ia mendapat medali emas. Prestasi gemilang diraihnya saat ia menjadi mahasiswa UGM Yogyakarta. Pada tahun 2010 ia meraih medali perak pada Olimpiade Matematika Internasional di Bulgaria, perunggu pada tahun 2011, dan perak pada tahun 2012 dalam kompetisi yang sama. Selain itu pada wisuda sarjana S-1 ia lulus dengan nilai IPK 4,00. Dengan prestasi itu Made mendapat beasiswa S-2 dan S-3 dari UGM.

(3) Kunci keberhasilan Made adalah datang kuliah tepat waktu dan berusaha memahami materi yang dijelaskan dosen. Sepulang sekolah ia mempelajari materi olimpiade internasional selama satu jam.

(4) Belajar dengan tekun dan terus menerus terbukti membuat Made meraih prestasi. Made Tantrawan adalah inspirasi bagi pemuda Indonesia. Belajar tak terbatas waktu. Belajar di mana saja dan kapan saja.

1. Keistimewaan tokoh pada teks tersebut adalah ....
A. juara olimpiade matematika tingkat dunia
B. selalu belajar dengan tekun setiap hari
C. mendapat beasiswa S-2 dan S-3 dari UGM
D. mengikuti Olimpiade Sain Nasional sejak SMP

2. Sikap atau tindakan tokoh yang patut diteladani pada teks tersebut adalah ....
A. cinta kepada matematika sejak SD
B. belajar dengan tekun dan terus menerus
C. sering mengikuti olimpiade matematika
D. mendapat medali pada olimpiade matematika

3. Pendapat penulis pada teks tersebut adalah ....
A. Made mulai SMP ikut Olimpiade Sains Nasional di Bali.
B. Kecintaan Made kepada matematika dimulai sejak ia masih di SD.
C. Sepulang sekolah Made mengerjakan materi olimpiade internasional.
D. Belajar secara tekun dan terus menerus terbukti membuat Made meraih prestasi.

Bacalah teks berikut, kemudian kerjakan soal nomor 4 s.d. 6!
Raden Dewi Sartika adalah seorang gadis yang periang, rajin, dan suka bergaul dengan anak-anak  rakyat, sabar, dan tidak suka berselisih. Ia mempunyai kebiasaan bermain-main guru dan sekolah ketika selesai melaksanakan tugasnya.

Di belakang dapur kepatihan, ia mengajar  menulis  dan membaca teman-teman sesama gadis, anak-anak pembantu rumah tangga kepatihan dan anak-anak rakyat sekeliling kepatihan itu yang termasuk temannya. Ia menggunakan papan tulis dari papan-papan yang ada sedangkan kapur tulis yang digunakan adalah arang kayu. Bakat mengajarnya sudah tampak saat ia masih gadis kecil dan kemudian berkembang sampai ia dewasa.

Ketika remaja Raden Dewi Sartika kembali ke ibunya di Bandung.  Ia berpikir bagaimana caranya agar bisa mendirikan sebuah sekolah. Ia ingin agar memiliki kesempatan memberikan pelajaran kepada gadis-gadis, baik anak golongan priyayi maupun anak-anak dari golongan rakyat. Ia ingin memberikan kemajuan kepada kaum wanita yang pada zaman itu sangat dibelakangkan dibandingkan kaum pria saat itu.

4. Keistimewaan tokoh pada teks tersebut adalah ....
A. Priyayi yang periang, rajin, dan suka bergaul.
B. Ia, seorang gadis yang berpendidikan.
C. Bercita-cita ingin mendirikan sekolah rakyat.
D. Sudah peduli pendidikan sekaumnya semenjak kecil.

5. Sikap yang patut diteladani pada teks tersebut adalah ....
A. Sifatnya sangat sabar, ramah, taat.
B. Ia cenderung hemat, taat, ramah.
C. Dewi Sartika gadis yang riang, rajin, sabar.
D. Kebiasaanya riang, hemat, sabar.

6. Pendapat penulis tentang tokoh tersebut adalah ....
A. Seorang gadis yang pemberani dan sabar.
B. Gadis bangsawan yang baik dan periang.
C. Gadis bangsawan yang lincah dan rajin.
D. Seorang puteri yang memiliki masa depan cerah.

7. Bacalah kutipan biografi berikut!
Amir Hamzah memulai kepenyairannya pada usia yang masih belia. Ketika ia masih duduk di bangku AMS, puisi-puisinya telah dimuat majalah Timbul dan Panji Pustaka. Amir Hamzah terus menulis hingga ia menjadi mahasiswa di Sekolah Hakim Tinggi Jakarta. Amir Hamzah mendapat julukan Raja Penyair Pujangga Baru oleh H.B. Yasin. Masih menurut H.B. Yasin, Amir Hamzah adalah penyair yang sangat produktif.

Keistimewaan tokoh pada kutipan biografi tersebut adalah ...
A. memulai kepenyairannya pada usia muda
B. puisnya telah dimuat di majalah Timbul
C. duduk di bangku AMS
D. mendapat julukan Raja Penyair Pujangga Baru

8. Bacalah kutipan biografi berikut!
Bung Hatta sangat aktif melaksanakan tugasnya sebagai bendahara di suatu perkumpulan pemuda Sumatera di Padang. Yang bernama, Jong Sumatranen Bond. Tetapi, selain aktif dalam pergerakan daerah, ia juga memikirkan penderitaan rakyat akibat penjajahan.

Hal yang dapat diteladani dari kutipan biografi Bung Hatta adalah ...
A. aktif di organisasi daerah dan melaksanakan tugas negara dengan baik
B. organisasi yang diikuti adalah Jong Sumatranen Bond
C. selalu memikirkan penderitaan rakyat
D. aktif berorganisasi dan memikirkan rakyatnya yang menderita

9. Bacalah kutipan biografi berikut!
Habibie Afsyah lahir sebagai orang cacat sejak kecil karena mengidap penyakit yang sulit disembuhkan, yaitu lumpuh otot. Tubuhnya tidak dapat berkembang, semakin lama semakin lemah. Habibie tidak mengeluh.

Ibunya memasukkannya kursus dasar internet, mulai dari tingkat dasar sampai lanjut. Sehari-hari Habibie di depan komputer, asyik dengan program internet.

Habibie berhasil mendapatkan penjualan game PS3. Berkat Amazon.com dia mendapatkan penghasilan. Dari Amazon.com Habibie terus berusaha tanpa menyerah sampai mendapat komisi mulai $500, $2000 yang pada akhirnya Habibie mendapatkan penghasilan kurang lebih 50 juta / bulan dari bisnis onlinenya.

Habibie menekuni bisnis online secara serius, dan pada usia 21 tahun dapat mendirikan “Yayasan Habibie Afsyah” untuk mengangkat kehidupan para penyandang cacat seperti dirinya.

Hal-hal yang patut diteladani pada tokoh tersebut adalah ...
A. kursus dasar internet
B. tekun belajar dan tidak mengeluh
C. penghasilannya mencapa 50 juta
D. mendirikan sebuah yayasan

10. Bacalah kutipan biografi di bawah ini!
Ki Hajar Dewantara lahir di Yogyakarta, 2 Mei 1889. Terlahir dengan nama Raden Mas Soewardi Soerya Diningrat. Saat genap berusia 40 tahun, beliau mengganti nama menjadi Ki Hajar Dewantara. Maka, semenjak itu, ia tidak lagi menggunakan gelar kebangsawanan di depan namanya. Hal ini dimaksudkan supaya ia dapat bebas dekat dengan rakyat, baik secara fisik maupun batinnya.

Perjalanan hidupnya diwarnai dengan perjuangan dan pengabdian kepada kepentingan bangsanya. Tulisan-tulisannya sangat komunikatif, tajam, patriotik sehingga mampu membangkitkan semangat antikolonial bagi pembacanya.

Hal yang patut diteladani pada tokoh tersebut adalah ...
A. menanggalkan gelar bangsawan
B. berganti nama saat usia 40 tahun
C. selalu berjuang dan mengabdi
D. hanya menulis tema nasionalisme

11. Bacalah kutipan biografi berikut!
Fahma Waluya Rohmansyah siswa SMP Negeri 2 Bandung. Dia membuat aplikasi game pemberantas korupsi untuk Ipad. Di depan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Fahma mendemontrasikan game buatannya. Fahma sudah membuat lebih kurang 40 game bersama adiknya. Uniknya game KPK buatannya selalu diiringi musik angklung. Fahma pemenang game tingkat internasional.

Keistimewaan tokoh pada biografi tersebut adalah ...
A. Pemain game di depan KPK
B. Pembuat game dengan adiknya
C. Pemenang game internasional
D. Penemu musik angklung

Kunci: A, B, D, C, C, D, D, D, B, C, C
Lihat juga: Kumpulan Soal Teks Biogafi (Bagian I)

Sumber: (Naskah Soal UN SMP/MTs Tahun 2016, 2017)

BASINDON
BASINDON Blog pelajaran bahasa Indonesia SMP/MTs (materi, soal, dan perangkat pembelajaran), serta Pengetahuan Bahasa dan Sastra Indonesia (umum)

Post a Comment for "Kumpulan Soal Teks Biografi (Bagian II)"