Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Menentukan Peristiwa/Hal yang Tergambar pada Teks

Contoh Soal Menentukan Peristiwa/Hal yang Tergambar pada Teks

1. Bacalah teks berikut!
Tsunami adalah serangkaian gelombang yang terbentuk karena gempa atau letusan gunung berapi di bawah laut atau di daratan dekat pantai. Gelombangnya yang besar menyebabkan banjir dan kerusakan saat menghantam pantai. Tsunami tercipta saat permukaan dasar laut bergerak naik turun sepanjang patahan selama gempa terjadi. Patahannya menyebabkan keseimbangan air menjadi terganggu. Makin besar daerah patahan makin besar pula tenaga gelombang yang dihasilkan. Gelombang yang besar menyebabkan banjir dan kerusakan saat menghantam pantai.

Hal yang tergambar pada teks tersebut adalah ....
A. asal mula terbentuknya nama Tsunami
B. proses terjadinya gelombang pantai
C. gelombang besar menerjang pantai
D. tsunami menyebabkan banjir dan kerusakan

2. Bacalah teks berikut!
Pelangi merupakan fenomena yang sering kita saksikan ketika musim hujan tiba. Pelangi terjadi ketika cahaya matahari melewati butiran air hujan dan terbiaskan menjadi spektrum warna. Cahaya tersebut kemudian memantul di dalam butiran air hujan dan terbiaskan menjadi spektrum warna. Akibatnya, cahaya tampak melengkung menjadi kurva warna-warni yang disebut pelangi.

Peristiwa yang tergambar pada teks tersebut adalah ...
A. peristiwa jatuhnya air hujan
B. sinar melewati butiran air
C. proses teradinya pelangi
D. cahaya tampak melengkung

3. Bacalah teks berikut!
Polusi atau pencemaran adalah keadaan suatu lingkungan yang sudah tidak alami karena telah tercemar oleh polutan. Air sungai yang tidak tercemar, airnya masih murni dan alami, tidak ada zat-zat kimia yang berbahaya. Ada pun air sungai yang telah tercemar mengandung zat kimia yang berbahaya, baik bagi organisme yang hidup di sungai tersebut maupun bagi mahluk hidup yang lain yang tinggal di sekitar sungai tersebut.

Peristiwa yang tergambar pada teks tersebut adalah ....
A. lingkungan yang alami
B. organisme yang hidup
C. tercemarnya air sungai
D. zat kimia berbahaya

Kunci: B. C, C
Sumber: Naskah Soal UN SMP/MTs Th. 2017
BASINDON
BASINDON Blog pelajaran bahasa Indonesia SMP/MTs (materi, soal, dan perangkat pembelajaran), serta Pengetahuan Bahasa dan Sastra Indonesia (umum)

Post a Comment for "Contoh Soal Menentukan Peristiwa/Hal yang Tergambar pada Teks"