Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Menentukan Bagian Teks

Soal Menentukan Bagian Teks
1. Bacalah teks berikut!
Minggu lalu, saya dan keluarga saya berpariwisata ke Parang Titis. Parang Titis adalah pantai di Samudera Indonesia yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kutipan teks rekon tersebut merupakan bagian ...
A. orientasi
B. urutan Peristiwa
C. reorientasi
D. pilihan

2. Bacalah teks berikut!
Pagi tadi, ada sebuah mobil yang diparkir di depan pintu garasi, sehingga menghalangi pintu keluar mobil saya. Saya kira mobil itu milik seseorang yang mengikuti pesta tadi  malam. Saya mengetuk pintu tetangga itu dan menanyakan hal ini kapada mereka, tetapi mereka tidak tahu. Saya bertanya kepada tetangga yang lain, sebelum saya menelpon polisi, dengan harapan polisi dapat menindak pemilik mobil dan menyingkirkannya.

Kutipan teks eksemplum tersebut merupakan bagian ...
A. abstrak
B. orientasi
C. insiden
D. interpretasi

Bacalah teks berikut!
Sangat ajaib, begitu nenek itu berhenti berbicara, keluarlah dari tangannya sepasang sepatu kaca yang indah. Dipakailah sepatu itu oleh Cinderela. Ia juga diberi pakaian baru yang indah. Dalam sekejap Cinderela berubah menjadi seorang gadis remaja yang sangat cantik.

Kutipan teks naratif tersebut adalah bagian ...
A. orientasi
B. komplikasi
C. evaluasi
D. resolusi

4. Bacalah kutipan teks biografi berkut!
Nama kecil Ki Hajar Dewantara adalah Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Ia lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. Ia berasal dari keluarga keraton Yogyakrta. Meskipun demikian, ia sangat dekat dengan rakyatnya. Ketika berusia 40 tahun menurut hitungan Tahun saka, Raden Mas Soewardi Soeryaningrat berganti nama menjadi Ki Hajar Dewantara. Tujuannya berganti nama adalah agar ia dapat bebas dekat dengan rakyatnya.

Kutipan teks di atas adalah bagian ...
A. orientasi 
B. peristiwa dan masalah
C. reorientasi
D. koda
BASINDON
BASINDON Blog pelajaran bahasa Indonesia SMP/MTs (materi, soal, dan perangkat pembelajaran), serta Pengetahuan Bahasa dan Sastra Indonesia (umum)

Post a Comment for "Contoh Soal Menentukan Bagian Teks"