Soal Latihan UN | Menyimpulkan Pendapat Pro/Kontra dalam Teks

Soal Latihan Ujian Nasional | Menyimpulkan Pendapat Pro/Kontra dalam Teks

Apa itu pendapat pro/kontra?
Pendapat pro adalah pendapat yang mendukung atau yang menyatakan dukungan terhadap suatu persoalan. Sedangkan pendapat kontra adalah pendapat yang tidak mendukung persoalan

Jadi, pendapat pro/kontra adalah sebuah pendapat yang berisi pernyataan dukungan dan yang tidak mendukung persoalan.

Berikut ini contoh soal menyimpulkan pendapat pro/kontra dalam teks

1. Bacalah teks berikut!
(1) Pemilihan OSIS dengan cara paket akan segera diselenggarakan. (2) Sistem itu baik karena setiap pasangan dapat saling mengisi kekurangan saat berkampanye. (3) Namun, kegiatan ini berlumlah lazim. (4) Oleh karena itu, perlu diyakinkan peserta didik yang menjadi calon pengurus OSIS.

Kalimat yang menyatakan mendukung persoalan terdapat pada nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

2. Bacalah teks berikut!
(1) Banjir di Jakarta tidak semata-mata faktor alam. (2) Jakarta yang terletak di pinggir laut juga bukan faktor utama. (3) Aktivitas dan ulah warga berpengaruh pada terjadinya banjir di Jakarta. (4) Banyak warga yang masih membuang sampah ke sungai. (5) Lebih dari enam ton sampah diangkat dari pintu air Manggarai.

Kalimat yang mendukung persoalan terdapat pada nomor ...
A. (2)
B. (3)
C. (4)
D. (5)

3. Bacalah teks berikut!
(1) Keluarga merupakan wadah untuk mendapatkan bimbingan dan latihan bagi perkembangan dan pembentukan pribadi anak. (2) Keluarga terdiri atas, ayah, ibu, dan anak. (3) Ibu memiliki peran besar, tetapi banyak yang belum menyadarinya. (4) Kenyataanya menunjukkan perilaku ibu dijadikan panduan bagi perilaku mereka. (5) Ibu adalah orang yang hebat.

Kalimat yang menyatakan persetujuan terdapat pada nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

4. Bacalah teks berikut!
Peran Ibu dalam Keluarga
(1) Jika berbicara mengenai pendidikan anak, orang yang paling berpengaruh adalah ibu. (2) Keberhasilan pendidikan anak sangat ditentukan oleh sentuhan tangan ibu meskipun keikutsertaan bapak tidak dapat diabaikan begitu saja. (3) Ibu merupakan wanita yang mulia dan hebat. (4) Pendidikan yang didapat anak dalam keluarga meliputi pendidikan iman, moral, fisik/jasmani, intelektual, psikologi, dan sosial.

Kalimat yang menyatakan pesetujuan pada teks tersebut adalah ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

5. Bacalah teks berikut!
(1) Banyak sekolah melarang siswanya membawa telepon seluler ke sekolah. (2) Sebagian besar menganggap bahwa membawa telepon seluler ke sekolah dapat memengaruhi konsentrasi siswa dalam menerima pelajaran. (3) Hal itu memang benar, ketika telepon berdering di kelas, maka kegiatan pembelajaran akan terganggu. (4) Meskipun begitu ada beberapa sekolah yang tidak sepakat dengan pernyataan tersebut.

Kalimat yang menyatakan pesetujuan pada teks tersebut adalah ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

6. Bacalah teks berikut!
(1) Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI, OSIS SMP Tunas Bangsa mengadakan kegiatan Lomba Baca Puisi dan Lomba Tata Upacara Antarkelas. (2) Lomba tersebut diselenggarakan tanggal 14-15 Agustus 2014. (3) Guru dan siswa bekerja sama menyukseskan acara tersebut. (4) Kegiatan itu mengingatkan perjuangan pahlawan karena memiliki tujuan yang sama yaitu kesuksesan.

Kalimat yang menyatakan alasan yang mendukung terhadap masalah pada teks tersebut terdapat pada kalimat nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)


Kunci: 1 B, 2 B, 3 D, 4 C, 5 C, 6 D

Artikel Terkait

Basindon
Bahasa Indonesia BlogUpdated at: Wednesday, January 04, 2017

No comments:

Post a Comment

"Terima Kasih Atas Kunjungan Anda"