Contoh Soal Menunjukkan Kalimat yang Tidak Padu dalam Teks (Paragraf)

Contoh Soal Menunjukkan Kalimat yang Tidak Padu dalam Teks (Paragraf) 1. Bacalah teks berikut! (1) Telinga adalah organ indera pendengar....

Latihan Soal UN | Menilai Keunggulan dan Kelemahan Teks

Soal Ujian Nasional | Menilai Keunggulan dan Kelemahan Teks

1. Bacalah teks berikut!
(1) Sang Pemimpi merupakan novel kedua Andrea Hirata. (2) Novel ini mengisahkan masa-masa tokohnya merajut mimpi di SMA dengan nuansa kenakalan khas remaja. (3) Andrea Hirata membawa kita pada kenyataan hidup yang harus dihadapi tokoh-tokohnya dan mimpi-mimpinya. (4) Andrea hampir berhasil membangkitkan obor semangat meraih mimpi Ikal, Arai, dan Jimbrom hingga mengantarkan mereka menuju Sorbonne.

(5) Novel Sang Pemimpi sangat kaya dengan keindahan bahasa yang dengannya setiap alur terdeskripsikan dengan sempurna. (6) Intelektualitas tinggi dan humor terjalin dengan memesona mengeksplorasi karakter para pelaku. (7) Novel ini sarat dengan nilai moral yang ditunjukkan dengan rasa humanis tinggi orang remaja. (8) Nilai sosialnya juga sangat menonjol, seperti kesetiakawanan antara Ikal, Arai, dan Jimboron. Tentu saja, dilengkapi dengan nilai agama yang kental dijalani oleh tokoh-tokohnya.

Pernyataan yang merupakan keunggulan novel terdapat pada bagian ....
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (4) dan (5)
D. (5) dan (6)

2. Bacalah teks berikut!
(1) Kumpulan cerpen Hujan Kepagian terdiri atas enam buah cerita. (2) Cerpen tersebut mengisahkan tentang kesaksian revolusi kemerdekaan. Kumpulan cerpen karya Nugroho Notosusanto menampilkan kisah-kisah di sekitar revolusi yang dialami oleh pengarangnya sendiri. (3) Kumpulan cerpen ini tidak hanya dilihat dari sudur peristiwa yang berkaitan dengan tindakan-tindakan serba heroik para pelakunya, namun dilihat dari isinya yang lebih manusiawai. (4) Pengarangnya sendiri terlibat langsung dalam perjuangan kemerdekaan sebagai anggota tentara pelajar.

(5) Buku ini memiliki kelebihan penggunaan ejaan yang baik, tanda baca digunakan dengan baik dan sesuai dengan fungsingya masing-masing, paragraf tersusun dengan baik. (6) Namun banyak menggunakan bahasa yang kurang dimengerti. (7) Buku ini lebih ditujukan kepada pembaca yang pikirannya pernah mengembara ke medan perang.

Pernyataan yang berupa keunggulan buku terdapat pada kalimat nomor ....
A. (3)
B. (4)
C. (5)
D. (7)


Kunci: 1) C, 2) C,
Lihat juga: Contoh Soal Resensi Buku Pengetahuan 

Artikel Terkait

Basindon
Bahasa Indonesia BlogUpdated at: Thursday, January 05, 2017

No comments:

Post a Comment