Latihan Soal UN | Menyimpulkan Sebab Akibat Konflik

Latihan Soal UN | Menyimpulkan Sebab Akibat Konflik

Contoh Soal Menyimpulkan Sebab Akibat Konflik
1. Bacalah teks cerita berikut!
Berbagai pikiran buruk menghantui kepala yang penat dan tubuh yang lelah. Kemanakah engkau gadis kecil? Mungkinkah anak gedongan itu telah tewas? Parameter pencarian demikian luas. Flo bisa saja tidak menuruni lereng menuju kembali melainkan naik terus ke puncak atau berjalan berputar-putar mengelilingi lereng, tersesat dalam fatamorgana sampai habis tenaganya.

Simpulan akibat dari konflik tersebut adalah ...
A. Pencarian terhadap tokoh belum berhasil ditemukan.
B. Pencarian tokoh dilakukan di lereng dan di lembah.
C. Pencarian terhadap tokoh dihentikan karena lelah.
D. Pencarian terhadap tokoh dihentikan karena tokoh tewas.

2. Bacalah kutipan teks berikut!
Suatu hari di hutan lindung di Amerika Serikat, ada dua binatang yang selalu berteman bernama Bee, lebah, dan Bear, beruang. Mereka selalu bekerja sama untuk mencari makan. Bear menunjukkan letak bunga yang terdapat nektarnya dan Bee akan membuat madu untuk bear. Sebab itu mereka berteman.
Bee mempunyai cadangan madu yang banyak untuk Bear karena hari ini Bear berulang tahun. Karena hadiah ulang tahunnya berupa kejutan, Bee berpura-pura menusuk hidung Bear yang sedang tidur. Bear langsung marah dan menjatuhkan sarang buruh sampai telur pecah. Ia juga menginjak-nginjak kebun wortel  punya rabbit, kelinci, bahkan mencakar-cakar pohon dengan kuku-kukunya yang tajam.

Penyebab konflik pada teks tersebut adalah ....
A. Bear berulang tahun
B. Bee menjahili Bear
C. Bee berulang tahun
D. Bear menjahili Bee

3. Bacalah kutipan teks berikut!
Di sebuah kolam yan besar hiduplah seekor kadal. Suatu hari kadal itu berjalan-jalan di pinggir kolam. Kadal sangat ingin mencoba keiatan baru yaitu berpetualang.
Tiba-tiba dalam kolam muncul sebuah kepala yang melenggak-lenggok seperti sedang mencari sesuatu. Kadal mendekati mahluk itu dan dia sedikit kaget ternyata ada seekor ular air. Ular air mengajak sang Kadal untuk berpetualang menyeberangi kolam, tetapi sang Kadal merasa takut. Namun ular air setengah memaksa kadal untuk ikut bersamanya.
“Sebaiknya kamu berhati-hati,” tiba-tiba seekor katak berbisik kepada sang kadal.

Penyebab konflik pada teks tersebut adalah ....
A. Katak berbisik kepada sang kadal supaya berhati-hati.
B. Kadal merasa ketakutan karena dipaksa oleh ular air.
C. Kadal kaget ternyata ada seekor ular di dalam kolam.
D. Katak menganjurkan kadal untuk pergi berpetualang.

4. Bacalah teks berikut!
Di hutan di pinggiran desa, ada seekor kelinci yang sombong. Dia suka mengejek hewan-hewan lain yang lebih lemah. Hewan-hewan seperti kura-kura, siput, semut, dan hewan kecil lain tidak ada yang suka kepada kelinci sombong itu.

Suatu hari, si kelinci berjalan dengan angkuh dan bertemu dengan kura-kura.

“Hei kura-kura, si lambat, kamu jangan jalan aja dong .... larilah biar cepat sampai,” kata kelinci sambil mencibir.

“Biarlah kelinci, memang jalanku lambat, yang penting aku sampai dengan selamat daripada cepat-cepat nanti jatuh dan terluka,” jawab kura-kura dengan tenang.

“Hei kura-kura bagaimana kalau kita adu lari. Kalau kau menang aku akan beri hadiah,” sambil tertawa dalam hatinya dia berkata, “Mana mungkin dia bisa mengalahkanku.”

Karena takut dengan ancaman kelinci, kura-kura akhirnya mau bertanding dengan kelinci dan Pak Serigala menjadi wasitnya.

“Oke, ... satu ... dua ... tiga ... mulai!” Pak Serigala memberi aba-aba. Kelinci segera meloncat mendahului kura-kura.

“Ayo kura-kura, lari dong ... !” teriak kelinci. “Baiklah aku tunggu di sini ya!” teriaknya dari kejauhan. Kelinci duduk-duduk sambil bernyanyi. Tidak lama kemudian ia tertidur.

Dengan pelan tapi pasti kura-kura melangkah sekuat tenaga dan diam-diam melewati kelinci. Pertandingan pun akhirnya dimenangkan oleh kura-kura.

Kura-kura hanya meminta agar kelinci tidak sombong lagi. kelinci pun berjanji sejak saat itu ia tak akan sombong dan mengejek lagi.

Penyebab konflik cerita pada teks tersebut adalah ....
A. Kelinci dan kura-kura berlomba lari
B. Kelinci meremehkan kemampuan lari kura-kura
C. Kura-kura meminta agar kelinci tidak sombong
D. Kura-kura menjawab cibiran kelinci dengan tenang

Lihat selengkapnya:
Latihan Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP/MTs

Sumber: Naskah Soal UNKP SMP/MTs 2017

2 comments: