Pengertian, Struktur, dan Ciri Teks Eksemplum

Pengertian, Struktur, dan Ciri Teks Eksemplum  Teks eksemplum merupakan teks naratif yang tujuan sosialnya menilai perilaku atau karakter ...

Latihan Soal UN | Mengomentari Isi Teks

Soal Ujian Nasional |  Mengomentari Isi Teks

1. Bacalah teks berikut!
Suatuh hari seekor kuda sedang berjalan menuju sebuah hutan yang lebat. Kuda itu tampak gembira karena telah makan dengan puas gandum petani di ladang.

Di tengah perjalanan menuju hutan sang kuda melihat seonggok kulit harimau yang ditinggalkan para pemburu. Sang kuda mencoba kulit harimau itu dan ternyata pas di badannya. Terlihatlah dalam benaknya untuk mankut-nakuti binatang lain di hutan. Sang kuda lalu mencari tempat bersembunyi. Tak lama kemudian lewatlah segerombolan domba gunung. Sang kuda tiba-tiba melompat ke arah gerombolan domba itu. Serentak gerombolan domba itu bercerai-berai dan berhamburan lari ketakutan. Sang kuda tertawa terbahak-bahak. Kali berikutnya giliran seekor tapir yang dibuatnya lari terbirit-birit ketakutan karena disangkanya sang kuda adalah harimau. Sang kuda makin senang menakut-nakuti hewan lain.

Namun kali ini sang kuda menunggu lebih lama dari biasanya. Ia sabar menunggu dan lewatlah seekor kucing hutan dengan seekor tikus di mulutnya. Kucing itu lalu duduk di dekat pohon besar dan menyantap tikus buruannya. Sang kuda mengendap dari belakang dan kemudian mengagetkan kucing hutan semau-maunya. Tetapi, kucing hutan tertawa terbahak-bahak ketika tahu harimau bersuara kuda.

Sang kuda menjadi malu. Kuda sadar dirinya adalah kuda dan bukan harimau. Kuda berjanji pada dirinya sendiri untuk menjadi kuda sebagaimana seharusnya.

Komentar yang tepat terhadap isi kutipan teks tersebut adalah ...
A. Sikap kucing hutan terhadap kuda menunjukkan kecerdikan.
B. Tindakan kuda makan gandum patut dicontoh.
C. Takut pada harimau merupakan pendapat kucing hutan.
D. Tindakan domba atas perilaku kuda sungguh bijaksana.

2. Bacalah teks berikut!
Di suatu hutan yang lebat hidup berbagai binatang buas dan jinak. Ada kelinci, burung, kucing, capung, kupu-kupu, dan yang lainnya. Pada suatu hari hutan dilanda badai dahsyat. Angin yang bertiup sangat kencang menerpa pohon dan dedaunan. “Krak” terdengar bunyi dahan-dahan patah. Banyak hewan yang tidak dapat menyelamatkan diri, kecuali semut berlindung di dalam tanah. Badai baru berhenti ketika pagi menjelang. Matahari kembali bersinar.

Tiba-tiba dari dalam tanah muncul seekor semut. Si semut berlindung dari badai karena ia bisa masuk ke sarangnya di dalam tanah. Ketika sedang berjalan, ia melihat seekor kepompong yang tergeletak di dahan yang patah. “Hmm, alangkah tidak enaknya menjadi kepompong, terkurung dan tidak bisa ke mana-mana,” kata semut.

Komentar terhadap isi teks tersebut yang tepat adalah ...
A. Kelinci, burung, dan kucing celaka karena kecerobohannya.
B. Semut binatang kecil yang berkekuaran luar biasa.
C. Kepompong binatang malang yang bernasib sial.
D. Semut selamat karena sarangnya dalam tanah.

Kunci: A, D
Sumber: Naskah UN SMP/MTs 2016

Artikel Terkait

Basindon
Bahasa Indonesia BlogUpdated at: Tuesday, January 03, 2017

No comments:

Post a Comment