Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ragam Gaya Bahasa; Pengertian dan Contohnya

Pengertian Gaya Bahasa
Berdasarkan buku “Diksi dan Gaya Bahasa” karangan Gorys Keraf terdapat batasan-batasan dan pengertian tentang gaya bahasa sebagai berikut:
  • Gaya atau khususnya gaya bahasa dikenal dalam retorika dengan istilah style. Kata style diturunkan dari kata Latin stilus, yaitu semacam alat untuk menulis pada lempengan lilin.
  • Secara umum gaya bahasa adalah cara mengungkapkan diri sendiri, entah melalui bahasa, tingkah laku, berpakaian, dan sebagainya.
  • Secara khusus style atau gaya bahasa dapat dibatasi sebagai cara mengungkapkan pikiran melalui bahasa secara khas yang memperlihatkan jiwa dan kepribadian penulis (pemakai bahasa).
Jadi, pengertian gaya bahasa yang lebih spesifik dapat kita  peroleh pada poin yang ketiga.

Sumber lain menerangkan bahwa gaya bahasa adalah bahasa indah yang digunakan untuk meningkatkan efek dengan jalan memperkenalkan serta membandingkan suatu benda atau hal tertentu dengan benda atau hal lain yang lebih umum. Secara singkat penggunaan gaya bahasa tertentu dapat mengubah serta menimbulkan konotasi tertentu (Dale [et al] dalam H.G. Tarigan).

Ragam  Gaya bahasa
Gaya bahasa terbagi ke dalam empat kelompok besar, yaitu gaya bahasa perbandingangaya bahasa pertautangaya bahasa pertentangan, dan gaya bahasa perulangan.

Berdasarkan pengelompokan tersebut, berikut ini macam-macam gaya bahasa yang terdapat pada buku “Pengajaran Gaya Bahasa” karangan Prof. Dr. Henry Guntur Tarigan.

GAYA BAHASA PERBADINGAN
Perifrasis
Antisipasi atau Prolepsis
Koreksi atau Efanortosis

GAYA BAHASA PERTENTANGAN
Hiperbola
Litotes
Ironi
Oksimoron
Paranomasia
Paralepsis
Zeugma dan Silepsis
Satire
Inuendo
Antifrasis
Paradoks
Klimaks
Antiklimaks
Apostrof
Anostrof atau Inversi
Apofasis atau Preterisio
Histeron Proteron
Hipalase
Sinisme
Sarkasme

GAYA BAHASA PERTAUTAN
Metonimia
Sinekdoke
Alusi
Eufimisme
Eponim
Epitet
Antonomasia
Erotesis
Paralelisme
Elipsis
Gradasi
Asindeton
Polisindeton

GAYA BAHASA PERULANGAN
Aliterasi
Asonansi
Antanaklasis
Kiasmus
Epizeukis
Tautotes
Anafora
Epistrofa
Simploke
Mesodilopsis
Epanelepsis
Anadiplosis

BASINDON
BASINDON Blog pelajaran bahasa Indonesia SMP/MTs (materi, soal, dan perangkat pembelajaran), serta Pengetahuan Bahasa dan Sastra Indonesia (umum)

Post a Comment for "Ragam Gaya Bahasa; Pengertian dan Contohnya"