Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tentang Sajak dan Puisi


Pengertian Sajak
Pada KBBI versi online, ditemukan pengertian sajak sebagai berikut.

Sajak adalah:
  1. Gubahan sastra yang berbentuk puisi; 
  2. Bentuk karya sastra yang penyajiannya dilakukan dalam baris-baris yang teratur dan terikat; 
  3. Gubahan karya sastra yang sangat mementingkan keselarasan bunyi bahasa, baik kesepadanan bunyi, kekontrasan, maupun kesamaan
Pengertian Puisi
Kemudian masih menurut KBBI versi online, ditemukan pula pengertian puisi.

Puisi adalah:
  1. Ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait;
  2. Gubahan dalam bahasa yang bentuknya dipilih dan ditata secara cermat sehingga mempertajam kesadaran orang akan pengalaman dan membangkitkan tanggapan khusus lewat penataan bunyi, irama, dan makna khusus;
  3. Sajak;
Dari pengertian sajak dan puisi di atas, sekilas tidak ada perbedaan, sebab terdapat pertukaran istilah di sana. Pada salah satu pengertian sajak, sudah jelas sajak adalah gubahan sastra yang berbentuk puisi. Sementara pada salah satu pengertian puisi juga disebutkan bahwa puisi adalah sajak. Tukar tempat dong ya! Jadi, jika berlandaskan pengertian tadi, sinonimkah kedua istilah tersebut? 

Menurut Rahmat Djoko Pradopo, penggunaan kata sajak dan puisi pada kesustraan Indonesia sering dicampuradukkan. Misalnya sajak Chairil Anwar disebut juga puisi Chairil Anwar; sajak "Aku" disebut juga puisi "Aku". Mengapa demikian?

Hal tersebut menurut Pradopo, dikarenakan masuknya istilah puisi dari bahasa asing ke dalam sastra Indonesia. Istilah puisi sendiri berasal dari bahasa Belanda yaitu poezie. Kemudian dalam bahasa Belanda terdapat istilah lain dari puisi yaitu gedicht yang berarti sajak. Namun istilah 
gedicht tidak diadopsi ke dalam bahasa Indonesia.

Dalam bahasa Indonesia (Melayu) dahulu hanya dikenal satu istilah sajak yang berarti poezie ataupun gedicht. Poezie (puisi) adalah jenis sastra (genre) yang berpasangan dengan istilah prosa. Gedicht adalah individu karya sastra, dalam bahasa Indonesia sajak, misalnya sajak "Aku". Jadi dalam bahasa Indonesia hanya ada istilah sajak, baik untuk puisi maupun poezie maupun gedicht.

Sementara dalam bahasa Inggris terdapat istilah poetry sebagai jenis sastra; puisi, dan poem sebagai individunya. Oleh karena itu, menurut Pradopo, istilah puisi itu sebaiknya dipergunakan sebaga jenis sastra: poetry, sedangkan sajak untuk individu puisi: poem.

Nah, dari penjelasan terakhir tadi bisa ditarik kesimpulan bahwa (menurut admin), puisi itu sifatnya lebih umum dan luas, sementara sajak lebih kecil atau sempit. Kalau diibaratkan sastra itu sebuah pohon, maka puisi adalah cabangnya, lalu sajak merupakan ranting-rantingnya. 

BASINDON
BASINDON Blog pelajaran bahasa Indonesia SMP/MTs (materi, soal, dan perangkat pembelajaran), serta Pengetahuan Bahasa dan Sastra Indonesia (umum)

Post a Comment for "Tentang Sajak dan Puisi"