Yang Muda yang Mengubah Dunia Bersama Kursus Online Babastudio

Yang Muda yang Mengubah Dunia Bersama Kursus Online Babastudio | Apa yang disebut Net Gener (Generasi Internet) Oleh Don Tapscott dal...

Kumpulan Soal Menentukan Kalimat Topik Paragraf Terbaru

Dalam bahasa Inggris kita mengenal istilah-istilah, major point, main idea, central idea, dan topic sentence. Keempat-empatnya bermakna sama mengacu kepada pengertian kalimat topik. Dalam bahasa Indoensia kita pun mengenal istilah-istilah seperti, pikiran utama, pokok pikiran, ide pokok, dan kalimat pokok. Keempat-empatnya juga mengandung makna yang sama, yaitu mengacu pada kalimat topik.

Kalimat topik adalah perwujudan penyataan ide pokok paragraf dalam bentuk umum atau abstrak. (Tarigan, 2008)

Berikut ini disajikan contoh-contoh soal menentukan kalimat topik (pikiran utamapokok pikiranide pokok, dan kalimat pokok) paragraf terbaru.

Lihat: Cara Menemukan Kalimat Pokok atau Ide Pokok dalam Paragraf

Soal Menentukan Kalimat Topik Paragraf Terbaru (2016)

1. Bacalah teks berita berikut!
Berbagai kerusakan bangunan dan jembatan terjadi akibat gempa 6,5 skala Richter (SR). Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan kerusakan jalan dan jembatan pun juga terjadi. "14.800 meter jalan lingkungan juga mengalami kerusakan. Untuk jembatan 50 unit (yang rusak), jembatan rata-rata terjadi amblesan, juga ada keretakan-keretakan di konstruksi pondasi dari jembatan tapi masih bisa dilalui," kata Sutopo di kantornya Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Jumat (9/12/2016).

Kalimat topik paragraf  di atas adalah ...
A. Kerusakan jalan lingkungan
B. Kerusakan jembatan
C. Keretakan konstruksi pondasi jembatan
D. Kerusakan bangunan dan jembatan akibat gempa

2. Bacalah teks berikut!
Virus Zika yang telah menginfeksi manusia dapat menimbulkan beberapa gejala, seperti demam, nyeri sendi, konjungtivitis (mata merah), dan ruam. Gejala-gejala penyakit Zika dapat menyerupai gejala penyakit dengue dan chikungunya, serta dapat berlangsung beberapa hari hingga satu minggu.

Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
A. Gejala yang ditimbulkan oleh Virus Zika
B. Penyakit Zika dapat menyerupai gejala penyakit dengue dan chikungunya
C. Penyakit Zika berlangsung beberapa hari hingga satu minggu.
D. Virus Zika menginfeksi manusia.

3. Bacalah teks berikut!
Film Warkop DKI Reborn Jangkrik Boss Part 1 sudah melampaui rekor film terlaris sepanjang masa, Laskar Pelangi. Tak lama setelah itu, film Warkop DKI Reborn Jangkrik Boss Part 1, kembali membuat rekor baru yang lebih fantastis. Film besutan Anggy Umbara ini sudah mencapai 5 juta penonton di hari ke 14 penayangannya.

Ide pokok paragraf tersebut adalah ...
A. Film Warkop DKI Reborn Jangkrik Boss Part 1
B. Rekor film Warkop DKI Reborn Jangkrik Boss Part 1
C. Film Warkop DKI Reborn melampaui film terlaris sepanjang masa.
D. Film besutan Anggy Umbara

4. Bacalah teks berikut!
Ragam corak dan warna Batik dipengaruhi oleh berbagai pengaruh asing. Awalnya, batik memiliki ragam corak dan warna yang terbatas, dan beberapa corak hanya boleh dipakai oleh kalangan tertentu. Namun batik pesisir menyerap berbagai pengaruh luar, seperti para pedagang asing dan juga pada akhirnya, para penjajah. Warna-warna cerah seperti merah dipopulerkan oleh Tionghoa, yang juga memopulerkan corak phoenix. Bangsa penjajah Eropa juga mengambil minat kepada batik, dan hasilnya adalah corak bebungaan yang sebelumnya tidak dikenal (seperti bunga tulip) dan juga benda-benda yang dibawa oleh penjajah (gedung atau kereta kuda), termasuk juga warna-warna kesukaan mereka seperti warna biru. Batik tradisonal tetap mempertahankan coraknya, dan masih dipakai dalam upacara-upacara adat, karena biasanya masing-masing corak memiliki perlambangan masing-masing.

Ide pokok paragraf tersebut adalah ...
A. Bangsa penjajah Erofa mengambil minat kepada batik.
B. Batik tradisional tetap mempertahankan coraknya.
C. Ragam corak dan warna Batik dipengaruhi oleh berbagai pengaruh asing.
D. Batik memiliki ragam corak dan warna yang terbatas.



KUNCI JAWABAN:
1) D, 2) A, 3) B, 4) C

Artikel Terkait

Basindon
Bahasa Indonesia BlogUpdated at: Friday, September 30, 2016

No comments:

Post a Comment