Contoh Soal Tentang Pidato

Pidato adalah bentuk wacana di hadapan massa dengan tujuan tertentu. Tujuan pidato yaitu menyampaikan gagasan atau pesan kepada pendengar. (Lihat: materi Berpidato)

Lihat juga: Kumpulan Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kelas 9

Berikut ini adalah contoh soal tentang pidato berbentuk pilihan ganda yang dilengkapi dengan kunci jawabannya.

Contoh Soal Pidato

1. Bacalah ilustrasi berikut!
OSIS SMP Terbuka melaksanakan program penyuluhan dengan tema "Kenakalan Remaja". Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari pihak kepolisian. Sebagai ketua OSIS, Naomi menyampaikan pidatonya.

Bagian penutup pidato Naomi yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
A. Selamat pagi saya ucapkan kepada sekolah, narasumber, bapak-ibu guru dan teman-teman yang telah hadir pada acara itu.
B. Bapak, Ibu dan teman-teman, marilah kita bersyukur kepada Tuhan yang telah memberikan nikmat kepada kita sehingga kita bisa berkumpul di sini.
C. Teman-teman yang saya sayangi, kegiatan ini bermaksud agar kita mampu menjaga diri dari perbuatan yang tercela dan berbahaya.
D. Demikian teman-teman,sesuai dengan program yang telah kita sepakati bersama, mari kita ikuti kegiatan ini sampai selesai. Semoga kita dapat mengambil hikmahnya.

2. Bacalah kutipan pidato berikut!
Pemuda tulang punggung bangsa. Masa depan bangsa ada di tangan pemuda [...]. Inilah makna dari Hari Sumpah Pemuda.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks pidato tersebut adalah ...
A. Pemuda yang bersekolah tinggi harapan semua bangsa.
B. Banyak pemuda yang terlibat pada hal-hal yang bersifat negatif.
C. Pemimpin bangsa saat ini berasal dari pemuda-pemuda pada masa lalu.
D. Gambaran bangsa di masa depan akan terlihat pada keadaan pemudanya saat ini.

3. Bacalah kutipan pidato berikut!
Kegiatan pesantren kilat ini merupakan kegiatan rutin di bulan Ramdhan dalam rangka memotivasi para siswa agar berakhlak dan berkeperibadian baik.
[ ... ]
Apabila dalam penyelenggaraan kegiatan ini banyak kekurangan, panitia mohon maaf.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks pidato tersebut adalah ,,,
A. Kami atas nama panitia mengucapkan selamat datang untuk melaksanakan pesantren kilat.
B. Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan yang senantiasa memberikan kenikmatan kepada kita.
C. Demikian sambutan dari saya selaku ketua panitia, sehingga kegiatan ini bermanfaat.
D. Saya mengucapkan terima kasih atas kehadirannya dalam kegiatan pesantren kilat ini.

4. Bacalah ilustrasi berikut!
SMP Harapan Mulia melaksanakan pelantikan ketua OSIS yang baru terpilih. Erwan sebagai ketua OSIS SMP Harapan Mulia yang baru terpilih memberikan pidato sambutan.

Bagian pembukan pidato yang tepat sesua ilustrasi tersebut adalah ...
A. Pada kesempatan yang baik ini, marilah kita bersyukur kepada Tuhan YME karena kita masih dilimpahkan kesehatan sehingga kita dapat melaksanakan pelantikan OSIS.
B. Saya berharap kepemimpinan saya ke depan, saya tetap mohon dukungan. Dengan begitu akan tercipta suasana yang kondusif.
C. Saya menyampaikan ribuan kata maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati Bapak dan Ibu serta teman-teman.
D. Bapak dan Ibu yang kami hormati, puji syukur kepada Tuhan karena kita dipertemukan dalam suasana yang bahagia ini. Tujuan kami datang ingin memberikan bingkisan.

5. Bacalah ilustrasi berikut!
Setiap tanggal 22 Desember SMP Darma Raya memperingati hari Ibu. Peringatan diisi dengan berbagai perlombaan.

Penutup pidato yang tepat sesuai ilustrasi tersebut adalah ...
A. Tidak ada bagi kita untuk tidak memperingati hari Ibu. Hari Ibu akan jatuh setiap tanggal 22 Desember. Kami pun akan memperingatinya,
B. Perjuangan seorang ibu untuk membersarkan anak-anaknya tidak cukup hanya dibalas dengan peringatan hari ibu. Jauh lebih dalam peringatan ini dimaksud untuk mengenang, menghargai, dan menghormati seorang ibu.
C. Demikian pidato ini. Semoga peringatan Hari Ibu ini dapat dijadikan momen rasa cinta kita kepada Ibu. Jika ada yang kurang berkenan, mohon maaf.
D. Tugas seorang ibu memang berat. Dari mengurus kebutuhan sehari-hari keluarga sampai mencuci pakaian. Tiap pagi ibu akan bangun lebih awal dan istirahat tidur terakhir.

6. Bacalah ilustrasi berikut!
Ketua Tim Penggerak PKK Kodya Jakarta Timur menyampaikan perlunya pengolahan sampah rumah tangga agar dapat dimanfaatkan baik sebagai kompos maupun kerajinan rumah tangga.

Pembuka pidato yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
A. Kompos rumah tangga adalah sampah atau limbah yang berasal dari taman, halaman maupun meja makan maupun limbah rumah tangga lainnya, tidak selalu harus dibuang.
B. Puji syukur kita sampai Tuhan Yang Maha Esa, sehingga dapat berkumpul dalam rangka menyampaikan perlunya pengolahan sampah. Jangan disangka sampah itu tidak ada manfaatnya. Kalau kita jeli sustru sampah bisa bermanfaat untuk kehidupan manusia.
C. Sebagai masyarakat yang peduli lingkungan, kita dapat mengelola sampah sehingga lebih bermanfaat. Langkah pertama yang dapat kita lakukan ialah memisahkan antara sampah organik dengan sampah non-organik.
D. Demikian yang dapat saya sampaikan, bahwa cara pembuatan dan pengolahan kompos cukup sederhana, dengan membuat lubang galian di tanah dan menyimpan sampah organik dari rumah tangga selama kurun waktu tertentu.

7. Perhatikan kutipan teks pidato berikut!
Saya mengucapkan selamat dan terima kasih atas kehadiran teman-teman dalam kegiatan pameran seni dan kreativitas dalam rangka menyambut adik-adik siswa kelas tujuh yang baru [ ... ]. Apabila dalam penyelenggaraan ini banyak kekurangan, panitia mohon maaf.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks pidato yang rumpang tersebut adalah ...
A. Akirnya kami atas nama panitia mengucapkan selamat mengunjungi pameran seni dan kreativitas ini.
B. Puji syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Tuhan yang telah memberikan kesehatan sehingga bisa menyelenggarakan kegiatan ini.
C. Demikian sambutan dari saya selaku ketua panita, semoga pameran seni dan kreativitas siswa ini bermanfaat bagi semua.
D. Pameran buku ini merupakan agenda tahunan osis dalam rangka memotivasi para siswa agar gemar membaca.

8. Bacalah kutipan pidato berikut!
Sekolah ini layak menjadi teladan dan tempat bertanya tentang suksesnya mewujudkan kebersihan dan keindahan. Semua ini terwujud karena hasil binaan dari para guru, tokoh agama, tokoh masyarakat di lingkungan sekolah kita ini.

Predikat juara, piagam penghargaan, dan hadiah sudah kita raih. Namun, yang terpenting adalah bagaimana kerja sama dan kekompakan mewujudkan sekolah bersih, berseri, hijau, aman, nyaman, dan menyenangkan ini, kita pertahankan.

Bagian penutup untuk teks pidato tersebut adalah ...
A. Demikian sambutan singkat ini, mohon maaf jika ada kekurangan. Akhir kata perlu diingat, "Menjadi juara itu gampang diraih tetapi sulit untuk dipertahankan."
B. Siswa sekalian, sekian dulu sambutan ini, dengan harapan di kemudian hari sekolah-sekolah di sekitar kita juga memperoleh juara sebagaimana yang kita dapatkan hari ini.
C. Demikianlah kesan yang saya dapatkan. Semoga lingkungan sekolah kita dapat mencontoh lingkungan sekolah lainnya.
D. Bapak-ibu yang kami hormati cukup sekian dulu pesan ini kami sampaikan. Mohon maaf hadiah yang kita dapatkan dari kejuaraan ini jauh dari yang kita perkirakan.

(Kunci Jawaban: 1-D, 2-D, 3-A, 4-A, 5-C, 6-B, 7-C, 8-A)

2 comments: