Soal Tentang Menyusun Urutan Kalimat Berbagai Jenis Teks

Soal Tentang Menyusun Urutan Kalimat Berbagai Jenis Teks Bacalah kalimat-kalimat berikut! (1) Ada lebih dari 22.000 meteorit yang terdoku...

Contoh Soal tentang Surat Pembaca

Surat pembaca ialah surat yang dimuat dalam surat kabar dan sebagainya (KBBI versi online)

Dalam pengertian lain, surat pembaca adalah opini singkat yang ditulis oleh pembaca. Opini singkat ini dimuat dalam rubrik khusus surat pembaca.

Soal tentang surat pembaca sering dijumpai pada Ujian Nasional (UN). Hampir di setiap tahun, soal tentang surat pembaca selalu dimasukkan pada naskah soal UN Bahasa Indonesa SMP/MTs. Oleh sebab itu, para siswa perlu memahami bagamana model soal tentang surat pembaca.

Berikut ini adalah soal tentang surat pembaca.
Lihat juga: Kumpulan Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kelas 9

1. Cermati ilustrasi berikut!
Jumlah WC siswa di SMP Sehati sudah sesuai dengan rasio jumlah siswa, tetapi terlihat kotor dan baunya menyengat. Hal itu disebabkan kurang tercukupinya air bersih. Air dari PDAM tidak dapat memenuhi total kebutuhan air di SMP Sehati. Nina ingin memperbaiki lingkungan sekolahnya. Dia menulis surat pembaca kepada pihak komite sekolah agar air bersih di WC siswa tercukupi.

Surat pembaca yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
A. Jumlah WC siswa di SMP Sehati mencukupi namun debit air bersihnya tidak mencukupi. Akibatnya, WC menjadi kotor dan baunya menyengat. Kiranya masalah ini bisa segera ditangani. Bila memungkin komite sekolah dapat membantu membangun pompa air untuk memenuhi kebutuhan air tersebut karena PDAM tidak mampu memenuhinya.

B. Jumlah WC siswa di SMP Sehati tergolong banyak namun kotor dan berbau. Hal itu disebabkan debit air tidak  mencukupi. Sayang hal tersebut tidak pernah mendapatkan perhatian. Komite sekolah sebagai wakil wali murid harus menegur kepada sekolah.

C. Jumlah WC siswa di SMP Sehati sebenarnya sudah memenuhi rasio, namun kotor dan bau. Penyebabnya debit air yang tersedia tidak mencukupi. Pasti hal itu tidak akan terjadi bila kepala sekolah memperhatikan. Bila memungkinkan pengurus komite sekolah menegur direktur PDAM karena pelayanannya mengecewakan.

D. Jumlah WC siswa SMP Sehati sudah mencukupi namun volume airnya tidak mencukupi akibatnya kotor dan berbau menyengat. Kiranya masalah ini segera bisa ditangani bila perlu pengurus komite mendatangi direktur PDAM untuk memenuhi air bersih di SMP Sehati.

2. Cermati ilustrasi berikut!
SMP Pusponegoro Bojongsari mempunyai lahan yang luas. Namun, lahan tersebut dibiarkan gersang, tidak ditanami apa-apa. Untuk itu, Rusli meminta kepala sekolah untuk menghijaukan lahan tersebut.

Surat pembaca yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
A. Kami sangat beruntung bersekolah yang  mempunyai lahan bermain yang luas. Sehingga waktu istirahat kami tidak keluar lingkungan sekolah.

B. Fasilitas sekolah kami cukup lengkap. Taman, lahan bermain, dan jumlah kelas sangat memadai. Sayangnya itu semua tidak dipelihara dengan baik.

C. Sebenarnya lahan sekolah kami cukup luas. Namun, kami merasakan kegersangan dan panas. Mohon kepada Bapak, lahan yang luas itu ditanami pepohonan agar nampak hijau dan sejuk.

D. Mungkin di kabupaten ini, sekolah kami lah yang mempunyai lahan begitu luas. Lahan tesebut dapat dimanfaatkan untuk praktik anak-anak, misalnya menanam tumbuhan/pohon tertentu.

Artikel Terkait

Basindon
Bahasa Indonesia BlogUpdated at: Friday, September 16, 2016

No comments:

Post a Comment