Contoh Soal Mengidentifikasi Novel Indonesia

1. Bacalah kutipan novel berikut!
Kutipan Novel 1
Siti Qonaah memang sudah dua kali ditolak utang beras, lantaran Siti Qonaah terlambat menerima upah dari orang yang menyuruhnya mencuci pakaian. Terpaksa hari itu Siti Qonaah hanya mengisi perutnya dengan air. Jika siang itu Siti Qonaah makan, dapat dipastikan, kedua anaknya tidak akan kebagian nasi. Siang itu pun, nasi yang masih ada diusahakan Siti Qonaah untuk dua orang anaknya. Kendati ia yakin mereka tidak terlalu kenyang. Untunglah sore harinya Andi, anak Priono, datang. Lelaki kecil itu menghantar upah cucian dari orangtuanya.

Kutipan Novel 2
Tuti yang tertua antara dua saudara itu, telah dua puluh lima tahun usianya, sedang adiknya Maria baru dua puluh tahun. Mereka adalah anak Raden Wiraatmaja, bekas wedana di daerah Banten, yang pada ketika itu hidup dengan pensiunnya di Jakarta bersama-sama kedua anaknya itu. Maria masih murid H.B.S. Carpentier Atting Strichting kelas penghabisan dan Tuti menjadi guru pada H.I.S. Arjuna di Petojo.

Perbedaan latar sosial kedua kutipan novel tersebut adalah ...


Kutipan Novel 1
Kutipan Novel 2
A.
kesulitan ekonomi
perjuangan hidup
B.
pekerja kasar
pekerja di kota
C.
keluaga ekonomi rendah
keluarga ekonomi cukup
D.
anaknya masih kecil
anaknya sudah dewasa


2. Bacalah kedua kutipan novel berikut!
Kutipan Novel 1

Seorang sanggar yang kuat dan pandai menunggang kuda, lalu mengintip kuda sedang berkeras, hendak melepaskan dirinya ini, menunggun saat yang baik untuk melompati kuda liar itu. apabila datang waktu ini, lalu diburunya kuda ini dan dilompatinya.

Kutipan Novel 2:
Upacara itu disambut orang dengan suka cita dan riang. Doa dibaca oleh seorang ulama dengan fasih dan nyaring. Tiap-tiap akhir kalimat diaminkan oleh segala yang hadir dengan sekaligus, serentak bersama-sama.

Perbedaan latar sosial pada kutipan novel tersebut adalah ...


Kutipan Novel 1
Kutipan Novel 2
A.
peternak kuda di lapangan
kehidupan di pondok pesantren
B.
kehidupan di peternak kuda
kehidupan masyarakat religius
C.
kehidupan anak gembala
kehidupan di pondok pesantren
D.
kehidupan perambah hutan
kehidupan dalam perayaan agama

3. Bacalah kedua kutipan novel berikut!
Kutipan Novel 1

Selama sakit, Hanafi banyak mendapat nasihat dari ibunya. Ibunya membujuknya untuk menikahi wanita pribumi pilihan ibunya. Karena cintanya ditolak oleh Corrie, dia menerima tawaran ibunya. Hanafi pun menikah dengan Rapiah. Perkawinan yang tidak didasari perasaan cinta itu membuat keluarga Hanafi-Rapiah tidak bahagia. Hanafi sering menyakiti Rapiah.

Kutipan Novel 2:
Pemuda itu mendampingi kekasih hatinya dengan setia. Namun, penyakit TBC yang diderita Maria semakin hari semakin parah sehingga tak lama kemudian Maria pun meninggal dunia. Sebelum ia mengembuskan nafasnya yang terakhir, ia meminta kekasihnya untuk menerima kakaknya sebagai penggantinya. Setelah Maria meninggal dunia, Tuti dan Yusuf menjaling hubungan kasih. Mereka pun sepakat untuk menikah.

Perbedaan latar sosial pada kutipan novel tersebut adalah ...


Kutipan Novel 1
Kutipan Novel 2
A.
Tentang kawin paksa
Pernikahan sukarela
B.
Pengaruh budaya barat
Tidak terpengaruh
C.
Pengaruh budaya daerah
Pengaruh budaya barat
D.
Mencintai pribumi
Mencintai warga asing

Artikel Terkait

Basindon
Bahasa Indonesia BlogUpdated at: Wednesday, September 07, 2016

No comments:

Post a Comment

"Terima Kasih Atas Kunjungan Anda"