Contoh Soal yang Membahas Biografi Tokoh (Bagian I)

Berikut ini adalah contoh soal yang membahas biografi tokoh, hal yang patut diteladani dari tokoh, keistimewaan tokoh serta kunci jawabannya. Lihat juga: Kumpulan Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kelas 9

1. Bacalah teks berikut!
Hamka singkatan Haji Abdul Malik Karim Amrullah lahir di Maninjau, Sumatera Barat. Tahun 1951 beliau menjabat pegawai tinggi agama, tetapi meletakkan jabatan itu dan bergiat dalam politik. Buya Hamka merupakan sosok autodidak dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan. Beliau mahir berbahasa Arab. Beliau rajin membaca dan bertukar pikiran dengan tokoh-tokoh terkenal Jakarta seperti HOS Tjokroaminoto, Raden Mas Soerjopranoto, Haji Fahrudin A.R., Sutan Mansur, dan Ki Bagus Hadi Kusumo.

Hal yang patut diteladani dari tokoh tersebut adalah ....
A. gigih dalam politik
B. mengasah kerja dan keberaniannya
C. rajin membaca dan berdiskusi
D. kepemimpinan dan keberaniannya

2. Bacalah teks berikut!
Bung Hatta lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat, 12 Agustus 1902. Hatta adalah pejuang, negarawan, ekonom, dan Wakil Presiden Indonesia yang pertama. Beliua bersama Soekarno memainkan peranan penting untuk kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda, sekaligus memperoklamasikannya pada 17 Agustus 1945. Beliau pernah menjabat sebagai Perdana Menteri dalam Kabinet Hatta. Ia mundur dari jabatan Wakil Presiden pada tahun 1945 karena sesuatu hal. Hatta juga dikenal sebagai Bapak Koperasi Indonesia.

Keistimewaan tokoh dalam teks tersebut adalah ....
A. seorang pejuang, negarawan, dan ekonom
B. semangat yang tinggi untuk kemerdekaan RI
C. mundur dari jabatan Wakil Presiden RI
D. penjuang yang penuh semangat

3. Bacalah teks berikut!
Agus Salim lahir di Minangkabau, Sumatera Barat, pada 1884. Agus Salim bersekolah di HBS Jakarta. Pada 1903 ia berhasil menamatkan pendidikannya di sekolah dasar tersebut. Ia tidak meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Dengan tekun ia terus belajar secara autodidak. Agus Salim dikaruniai otak yang cerdas. Berkat ketekunan dan kepandaiannya, akhirnya ia dapat menguasai sembilan bahasa asing, di antaranya bahasa Belanda, Inggris, Jerman, Perancis, Turki, dan Jepang. Karena terampil berbahasa asing, ia memilih berprofesi sebagai penerjemah bahasa.

Keistimewaan tokoh tersebut adalah ....
A. bersekolah di HBS Jakarta
B. menguasai sembilan bahasa asing
C. berdisiplin tinggi dan rajin bekerja
D. berprofesi sebagai penerjemah bahasa

4. Bacalah teks berikut!
Mohammad Natsir merupakan tokoh Indonesia yang paling sederhana sepanjang masa. Mohammad Natsir diangkat sebagai  perdana menteri oleh Presiden Soekarno pada 17 Agustus 1950. Dia dikenang sebagai menteri yang tidak mempunyai rumah dan menampik diberi hadiah mobil mewah. Natsir juga diketahui menguasai banyak bahasa asing. Misalnya Inggris, Belanda, Prancis, Jerman, dan Arab.

Keistimewaan tokoh tersebut adalah ....
A. Diangkat sebagai perdana menteri oleh Presiden Soekarno
B. Merupakan tokoh Indonesia yang paling sederhana sepanjang masa
C. Menteri yang tidak mempunyai rumah dan menampik diberi mobil mewah
D. Menguasai banyak bahasa asing: Inggris, Belanda, Prancis, Jerman, dan Arab.

5. Bacalah teks berikut!
Chairil Anwar dilahirkan di Medan, 26 Juli 1922. Selpas SMA, Chairil mengikuti ibunya ke Jakarta. Semasa kecil di Medan, Chairil sangat dekat dengan neneknya. Keakraban ini begitu memberikan kesan pada hidup Chairil. Beliau mengungkapkan perasaannya melalui menciptakan puisi.

Dalam hidupnya ia amat jarang berduka. Sejak kecil Chairil terkenal bersemangat. Salah satu sifat Chairil pada masa kanak-kanaknya adalah ia tak mau kalah dalam berdebat dan keinginan yang lain. Chairil Anwar jarang bersedih dan selalu bersabar.

Hal yang patut diteladani dari Chairil Anwar adalah ....
A. Chairil Anwar lahir di Medan
B. tidak mau kalah dalam berdiskusi
C. pindah ke Jakarta mengikuti ibunya
D. jarang bersedih dan selalu bersabar

6. Bacalah biografi tokoh berikut!
Isac Newton, ilmuan berkebangsaan Inggris ini, lahir pada tahun 1642. Kala itu bertepatan dengan wafatnya Galileo. Ia lahir sudah dalam keadaan tidak berayah (yatim). Kecerdasannya sudah kelihatan sejak kecil terutama pada bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan. Ibunya pernah menyuruhnya berhenti sekolah. Saat usia 20 tahun ia mulai menunjukkan karyanya sampai akhirnya menciptakan hukum yang kita kenal Hukum Newton.

Keistimewaan tokoh dalam kutipan biografi tersebut adalah ...
A. Kecerdasan sudah diketahui sejak kecil.
B. Lahir sudah dalam keadaan yatim.
C. Pernah disuruh berhenti sekolah.
D. Penemu Hukum Newton.

7. Bacalah kutipan biografi tokoh berikut!
Rasuna Said adalah pejuang wanita dan tokoh pendidik yang lahir di Maninjau, Sumatera Barat. Ia adalah pelajar yang tekun dalam belajar dan pintar. Oleh karena itu, pada masa sekolahnya ia dipercaya untuk mengajar adik kelasnya. Di luar jam sekolah, ia juga memanfaatkan waktu untuk mempelajari ilmu agama dan aktif di organisasi. Ia pun ikut berjuang mengusir Belanda.

Hal yang dapat diteladani dari tokoh pada kutipan biografi tersebut adalah ...
A. tekun, pintar, dan aktif berorganisasi
B. berjuang, aktif berorganisasi, dan rajin
C. tekun, pemurah, dan pemaaf
D. taat, pintar, dan pemurah

8. Bacalah kutipan biografi berikut!
Konon dalam kelakarnya Gus Dur berkata “Hanya ada 3 polisi jujur di Indonesia: Patung polisi, polisi tidur, dan Hoegeng. Nama lengkapnya: Hoegeng Imam Santoso, lahir di Pekalongan, 14 Oktober 1921. Ia dikenal sebagai tokoh kepolisian yang sangat jujur. Namanya kerap dijadikan simbol keteladanan, kejujuran di kepolisian. Ia menjadi Kapolri tahun 1968 – 1971. Banyak perubahan besar dilakukan di institusinya.

Keistimewaan tokoh tersebut adalah ...
A. lahir di Pekalongan, 14 Oktober 1921
B. sangat jujur dalam bertutur kata
C. menjadi kapolri pada tahun 1968-1971
D. simbol keteladanan dan kejujuran

9. Bacalah biografi tokoh berikut!
B.J. Habibie dilahirkan di Pare-pare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936. Segala keberhasilannya diraihnya dengan kerja keras dan disiplin tinggi. Saat berusia 13 tahun telah ditinggalkan wafat sang ayah. Kemudian Habibie melanjutkan SMP dan SMA di Bandung. Sampai akhirnya ia berhasil masuk ke ITB (Institut Teknologi Bandung).

Hal yang dapat diteladani dari tokoh tersebut adalah ...
A. pekerja keras dan disiplin tinggi
B. berjuang untuk keluarga
C. berpindah tempat untuk mencari ilmu
D. melanjutkan SMP dan SMA di Bandung

10. Bacalah kutipan biografi berikut!
Galileo lahir di Itali, pada 15 Februari 1564. Ia sosok yang pantang menyerah walau tidak mampu memperoleh gelar perguruan tinggi. Sumbangan Galileo yang nyata ialah mengenai hukum kelambanan pada tahun 1583. Namun penemuan di bidang astronomilah yang membuatnya terkenal. Berkat teleskop yang diciptakannya, ia bisa membuktikan bahwa teori Copernicus yang manyatakan bahwa bumi mengitari matahari adalah benar.

Keistimewaan tokoh yang sesuai dengan isi biografi tersebut adalah ...
A. penemu teori fisika
B. penemu teleskop
C. penemu teori Copernicus
D. penolak teori pengitar matahari


Kunci jawaban:
1) C, 2) A, 3) B, 4) B, 5) D, 6) D, 7) B, 8) D, 9) A. 10) B,
Lihat juga: Kumpulan Soal Teks Biografi (Bagian II)
Sumber: (Naskah Soal UN SMP/MTs Tahun 2013, 2014, 2015)

5 comments: