Soal Tentang Menyusun Urutan Kalimat Berbagai Jenis Teks

Soal Tentang Menyusun Urutan Kalimat Berbagai Jenis Teks Bacalah kalimat-kalimat berikut! (1) Ada lebih dari 22.000 meteorit yang terdoku...

Contoh Soal Resensi Buku Pengetahuan

Resensi adalah pertimbangan atau perbincangan buku. Lihat pembahasan Menulis Resensi Buku Pengetahuan.

Berikut ini kami sajikan soal tentang resensi buku pengentahuan lengkap dengan kunci jawabannya. Soal-soal tentang resensi lainnya dapat juga dilihat pada Contoh Soal Resensi. 

Lihat juga: Kumpulan Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kelas 9

Contoh Soal Resensi Buku Pengentahuan

1. Perhatikan data buku berikut!
Judul
:
Akhlak Mulia bagi Remaja
Penulis
:
Agus Sulaiman
Penerbit
:
PT Pijar
Cetak
:
Pertama tahun 2010 Bekasi
Keunggulan
:
Penyampaian masalah yang kompleks dengan bahasa yang sederhana dan tata letak yang baik.
Kelemahan
:
Ada beberapa contoh studi kasus yang tidak sesuai dengan kehidupan ramaja.

Paragraf yang sesuai
data tersebut adalah ...
A. Buku karya sulaiman ini cukup berhasil menyampaikan persoalan remaja. Sebenarnya persoalannya cukup kompleks. Namun, karena dikemas dengan bahasa sederhana dan didukung dengan tata letak yang baik, buku ini menjadi menarik. Walaupun masih ada contoh yang menyimpang, tetapi buku ini layak dibaca para pembaca.

B. PT Pijar sering menerbitkan buku-buku remaja bermutu. Salah satunya buku Akhlak Mulia bagi Remaja. Buku tersebut menyampaikan contoh-contoh kasus yang sesuai dengan kehidupan remaja. Bahasanya pun sederhana cocok dan sesuai dengan bahasa remaja.

C. Buku yang dicetak pertama kali tahun 2010 sudah habis terjual. Ini menunjukkan anak remaja harus akan baca yang berkenaan dengan pergaulan meskipun ada beberapa contoh kasus yang tidak sesuai, ini tidak mengurangi antusias remaja untuk membacanya.

D. Agus Sulaiman seorang pemerhati kehidupan remaja. Dia begitu piawai menyampaikan tip-tip untuk remaja, sehingga sayang jika remaja tidak memiliki buku ini. Buku ini layak dibaca.

2. Perhatikan data buku berikut!
Judul            : Mengarang, Apa Susahnya?
Pengarang    : Saya Harto
Penerbit       : Pustaka Cahaya
Tahun terbit  : 2015
Tebal           : 180 halaman
Kelebihan    : Mampu menyajikan ide-ide kreatif dan motivasi dalam proses belajar mengarang
Kekurangan : Buku tersebut terkesan mahal

Paragraf yang tepat berdasarkan buku tersebut adalah ....
A. Buku ini telah menjadi pedoman awal bagi orang yang ingin belajar. Ada beberapa teori yang menjadi acuan dalam mengarang bisa gampang.

B. Buku setebal 180 halaman  ini sangat baik sebagai acuan dalam mengarang. Tiap bagiannya pun dijelaskan dengan baik.

C. Buku setebal 180 halaman ini sangat baik sebagai acuan dalam mengarang. Tiap bagiannya pun dijelaskan dengan baik. Idenya kreatif, tapi harganya mahal.

D. Buku setebal 180 halaman ini sangat baik. Ide-ide kreatif dan motivasi dalam proses belajar mengarang disajikan dengan baik pula. Sayangnya, buku ini terkesan mahal.

3. Perhatikan data buku berikut!
Judul buku      : Mengenal Tanaman Obat Nusantara
Penulis            : Dani Hamdani
Penerbit          : Panca Anugerah Sakti
Tebal               : 72 Halaman
Keunggulan    : Memaparkan 50 jenis tanaman obat nusantara yang berkhasiat dan berguna untuk mengobati berbagai macam penyakit.
Kelemahan      : Tidak dijelaskan cara meracik hingga menjadi obat tradisional.

Paragraf resensi yang tepat berdasarkan data  buku tersebut ialah ...
A. Buku yang berjudul "Mengenal Tanaman Obat Nusantara" karya Dani Hamdani ini sangat cocok dimiliki pelajar. Buku ini menjelaskan 50 jenis tanaman obat dan khasiatnya, hanya tidak diceritakan cara meraciknya menjadi obat.

B. Buku yang berjudul "Mengenal Tanaman Obat Nusantara" ini tidak terlalu bagus karena hanya 72 halaman dan tidak memaparkan/menjelaskan cara meracik tanaman menjadi obat.

C. Buku yang ditulis oleh Dani Hamdani ini masih perlu dipertimbangkan peredarannya karena menjelaskan apa-apa tentang tanaman obat. Selain itu juga terlalu tipis dan tidak menjelaskna.

D. Memaparkan 50 jenis tanaman obat, walaupun tidak menjelaskan cara menjadi obat. Setidaknya itulah yang dapat saya peroleh dari sebuah buku yang berjudul "Mengenal Tanaman Obat Nusantara".

4. Perhatikan data buku berikut!
Judul            : Ayo Mengenal Kerajinan Nusantara
Penulis         : Rahmi Fitriani
Keunggulan : Isi buku ini menjelaskan tentang keanekaragaman kerajinan Nusantara. Bahasanya mudah dipahami. Sampul berwarna-warni disertai gambar.
Kelemahan   : Halaman buku ini terlalu sedikit sehingga tidak terlalu lengkap uraiannya.

Paragraf resensi yang tepat adalah ...
A. Buku berjudul Ayo Mengenal Kerajinan Nusantara ini sangat bagus dan banyak manfaatnya buat Anda. Karena dengan mudah Anda dapat mengenali produk-produk dari berbagai daerah.

B. Buku Ayo Mengenal Kerajinan Nusantara karya Rahmi Fitriani dengan sampul yang berwarna-warni perlu Anda beli sebagai koleksi. Buku ini tidak membosankan. Gambarnya sangat bagus.

C. Buku Ayo Mengenal Kerajinan Nusantara dengan warna sampul berwarna-warni dan bahasanya mudah dipahami, layak Anda miliki. Anda dapat dengan mudah mengenali keanekaragaman kerajinan Nusantara, namun tidak terlalu lengkap uraiannya.

D. Buku Ayo Mengenal Kerajinan Nusantara perlu anda miliki sebagai koleksi. Isinya sangat lengkap, gambarnya bagus, dan bahasanya tidak membosankan. Marilah kita membeli buku ini di toko buku.

5. Perhatikan data buku berikut!
Judul           : Sejarah Gelap Para Raja dan Ratu Eropa
Penulis        : Brenda Ralph Lewis
Penerbit       : PT Elex Media Media Komputinda
Keunggulan : Menggunakan jenis kertas yang berkualitas, gambar dan ilustrasi menarik
Kelemahan  : Urutannya tidak sistematis

Paragraf resensi sesuai data tersebut adalah ...
A. Buku ini banyak mengungkap fakta kehidupan Raja dan Ratu Eropa. Buku setebal 500 halaman sudah banyak dibaca orang. Buku ini dicetak dengan menggunakan kertas berkualitas. Sayang ilustrasinya kurang menarik.

B. Brenda Ralph Lewis ahli sejarah, khusus sejarah Eropa. Beliau banyak menulis kehidupan seputar istana. Buku ini dicetak dengan menggunakan kertas berkualitas. Sayang ilustrasinya kurang menarik.

C. Buku ini disajikan dengan gambar dan ilustrasi yang tidak membosankan. Kertas yang digunakannya pun berkualitas baik. Brenda memang pakar sejarah Eropa handal. Meski urutannya tidak sistematis, buku ini tetap layak dibaca.

D. Banyak buku yang mengungkapkan raja dana ratu Eropa. Namun buku ini lebih detail dan mendalam. Inilah salah satu kelebihan buku ini. Namun buku ini tidak disertai gambar dan ilustrasi yang mendukung isi.

6. Perhatikan data buku berikut!
Judul buku : Gunung Meletus dan Antisipasinya
Pengarang : Dewayani C. Tiyas
Penerbit : CV. Aneka Ilmu Demak, 2208
Kelebihan : pembahasan sangat menarik
Kekurangan : ada beberapa gambar sulit dimengerti

Paragraf resensi yang tepat berdasarkan data buku tersebut adalah ...
A. Buku ini mendeskripsikan seluk beluk gunung berapi. Kita diajak untuk memahami gunung meletus dan antisipasinya.

B. Meskipun ada beberapa gambar yang sulit dimengerti, buku tulisan Dewayani C. Tiyas ini layak dibaca. Pembahasan tentang gunung meletus disajikan secara menarik.

C. Buku yang ditulis oleh Dewayani C. Tiyas ini layak untuk dibaca. Selain gambar yang menarik, bahasanya mudah dipahami.

D. Buku setebal 60 halaman ini membahas gunung meletus dengan menarik. Selain itu, buku ini dilengkapi dengan gambar yang jelas.

7. Perhatikan data buku berikut!
Judul : Jejak Sang Pencerah
Penulis  : Didik L. Hariri
Penerbit : Best Media Utama
Cetakan : Pertama, Juli 2010
Tebal : 278 halaman

Keunggulan :
- Penggambaran realita kehidupan KH. Ahmad Dahlan mengesankan
- Bahasanya mudah dipahami
- Penyajiannya yang lancar dan enak dibaca
Kelemahan :
- Keterangannya terlalu panjang
- Jarak antara paragraf jauh
- Menjemukan

Paragraf resensi sesuai data-data tersebut adalah ...
A. Membaca biografi dari KH. Ahmad Dahlan ini, seolah-olah pembaca bisa melihat realita kehidupan beliau. Penyajian yang lancar dan enak dibaca. 3. Namun sayang keterangannya terlalu panjang dan jarak antara paragraf jauh sehingga menjemukan. Walaupun begitu, buku ini tetap layak untuk dibaca.

B. Membaca buku karya Didik L. Hariri tentang KH. Ahmad Dahlan ini membuat pembaca seolah-olah bisa melihat realita kehidupan beliau. Penyajian yang lancar dan bahasanya yang mudah dipahami dan enak dibaca.

C. Buku Sang Pencerah ini menyajikan penggambaran realita kehidupan beliau dan disajikan secara lancar agak enak dibaca. Namun sayangnya jarak paragraf cukup jauh sehingga keterangannya jadi begitu panjang dan membosankan.

D. Buku karya Didik L. Hariri dengan tebal 278 ini mampu mengajak pembaca untuk melihat realita kehidupan KH. Ahmad Dahlan yang mengesankan dan enak dibaca karena mudah dipahami. Namun sayang keterangannya panjang dan menjemukan.

8. Perhatikan data buku berikut!
Judul : Berguru Sukses pada Para Motivator Dunia
Penulis : Eltaris Nestari
Penerbit : Pinang Merah Publisher
Tebal Buku : 125 halaman

Keunggulan :
- Memotivasi supaya hidup menjadi sukses
- Menceritaka kisah orang-orang sukses
- Bahasa mudah dipahami
Kelemahan :
- Sampul bukunya terlalu tipis
- Ilustrasi gambarnya kurang

Paragraf resensi yang tepat berdasakan ilustrasi tersebut adalah ...
A. Buku ini memotivasi pembaca supaya hidup menjadi sukses. Selain itu, juga dilengkapi dengan kisah orang-orang sukses. Bahasa yang digunakan mudah dipahami.  Hanya sayang, sampul bukunya sangat tipis dan ilustrasi gambarnya kurang, meskipun begitu buku ini layak dibaca.

B. Tujuan penulis buku ini ingin membuat pembaca termotivasi untuk meraih kehidupan yang sukses di masa depan. Siapan pun yang membaca buku ini akan termotivasi karena buku ini dilengkapi kisah orang-orang yang sukses di bidangnya.

C. Pembaca digiring untuk mencapai kehidupan yang sukses. Buku ini juga dilengkapi dengan ilustrasi gambar menarik. Hanya sangat disayangkan, penggunaan bahasanya berbelit-belit sehingga sulit dipahami pembaca.

D. Buku ini secara garis besar menjelaskan bagaiman menjadi orang yang sukses dalam kehidupan. Buku ini sangat disarankan dibaca oleh mereka yang ingin hidup sukses. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan ilustrasi gambar.


Kunci: 1) A, 2) D, 3) A, 4) C, 5) C, 6) B, 7) A, 8) A
Lihat juga soal tentang resensi pada: Latihan Soal UN | Menilai Keunggulan dan Kelemahan Teks

Sumber: Naskah Soal UN SMP/MTs Tahun 2015

Artikel Terkait

Basindon
Bahasa Indonesia BlogUpdated at: Thursday, August 25, 2016

No comments:

Post a Comment