Contoh Soal Menentukan Kalimat Utama Paragraf

Berikat ini kami sajikan contoh soal menentukan kalimat utama paragraf. Untuk melihat soal-soal tentang paragraf yang terbaru, silakan dibuka: Kumpulan Soal Menentukan Kalimat Topik Paragraf Terbaru
Lihat juga: 
Soal Menentukan Ide Pokok Teks 
Kumpulan Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kelas 9
Contoh Soal Menentukan Kalimat Utama Paragraf
1. Bacalah teks berikut!
(1) Sirsak adalah salah satu tanaman obat terbaik yang pernah ditemukan dari hasil penelitian. (2) Sampai-sampai hasil penelitiannya pun kadang dirahasiakan untuk kepentingan industri. (3) Khasiat sirsak ternyata tidak hanya terdapat di daunnya, tetapi buah dan kulitnya pun mempunyai manfaat untuk pengobatan kanker. (4) Kita cukup langsung makan buahnya saja untuk mendapatkan manfaat dari sirsak.

Kalimat utama pada teks tersebut terdapat pada nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

2. Bacalah teks berikut!
(1) Bayam salah satu sayuran yang banyak mengandung zat besi. (2) Bayam biasanya ditanam untuk dikonsumsi daunnya. (3) Tumbuhan ini berasal dari Amerika. (4) Nama Latin dari bayam adalah Amaranthus sp.

Kalimat utama teks tersebut terdapat pada kalimat nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

3. Bacalah teks berikut!
(1) Kebiasaan minum jus buah segar mampu menekan beragam penyakit. (2) Penyakit yang mampu ditekan dia antaranya jantung, stroke, diabetes, dan kanker. (3) Dengan minum jus secara rutin seseorang akan terhindar dari risiko terserang penyakit. (4) Hal ini dimungkinkan karena buah segar menyimpan berbagai vitamin.

Kalimat utama teks tersebut terdapat pada kalimat nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

4. Bacalah paragraf berikut!
(1) Obesitas yang mewabah di Amerika Serikat mulai menjangkiti Indonesia. (2) Tanpa kenal batasan kelas sosial jumlah obesitas terus meningkat. (3) Masalah yang disekat-sekat sebagai penyakit gaya hidup ini. (4) Penyebab utamanya adalah pola makan yang tidak teratur.

Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)


5. Bacalah paragraf berikut!
(1) Salah satu persaingan industri bahan bangunan ada di produksi cat. (2) Pasalnya, pasar cat di Indonesia cukup besar. (3) Berdasarkan data dari Asosiasi Produsen Cat Indonesia (APCT) dan survei Mars Indonesia, nilai pasar cat Indonesia terus meningkat dalam empat tahun belakangan. (4) Nilai pasar cat berturut-turut dari 2010 mengalami peningkatan, yakni Rp10,47 triliun (2010), Rp11,84 triliun (2011), Rp12,57 triliun (2012), dan Rp13,8 triliun (2013).

Kalimat utama paragraf tersebut ditandai nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

6. Menentukan Kalimat Utama Teks
(1) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dalam beberapa kesempatan menjelaskan bahwa Kurikulum 2013 diprioritaskan pada sekolah-sekolah yang memiliki akreditas A atau mantan RSBI. (2) Keterjangkauan distribusi buku juga menjadi syarat terhadap sekolah pelaksana Kurikulum 2013. (3) Kemdikbud juga menerangkan bahwa Kurikulum 2013 ini berfokus pada empat hal. (4) Keempat hal tersebut, pengembangan sikap, pengetahuan, keterampilan, dan karakter yang berlandaskan pada pendekatan ilmiah dan pendekatan saintifik.

Kalimat utama paragraf tersebut adalah ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

7. Bacalah paragraf berikut!
(1) Sebuah bangkai pesawat ditemukan di Kepulauan Seribu, Jakarta. (2) Mesinnya buatan Amerika Serikat diduga diproduksi pada tahun 1952. (3) Bangkai pesawat yang sudah berkarat dan dipenuhi karang itu berpa badan, sayap kanan, ekor, dan tiga roda. (4) Pesawat tersebut awalnya ditemukan dalam kondisi utuh.

Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

8. Bacalah teks berikut!
(1) Seiring dengan kemajuan zaman, banyak hal yang mengalami kemajuan. (2) Yang paling mencolok adalah kemajuan teknologi yang makin canggih dalam berbagai aspek kehidupan. (3) Selain itu, secara ekonomis, masyarakat juga dapat makin menjangkau teknologi informasi dan teknologi kesehatan. (4) Salah satunya adalah pengolahan jamu pada saat ini sudah menggunakan teknologi.

Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)


Kunci: 1) A, 2) A, 3) A, 4) A, 5) A, 6) A, 7) A, 8) A
(Sumber: Naskah Soal UN SMP/MTs Tahun 2014, 2016, 2017)

2 comments:

  1. Replies
    1. Kuncinya sudah dibuat, silakan dilihat kembali. Terimas kasih..

      Delete