Contoh Soal Menentukan Kalimat Utama Paragraf

Berikat ini kami sajikan contoh soal menentukan kalimat utama paragraf. Untuk melihat soal-soal tentang paragraf yang terbaru, silakan dibuka: Kumpulan Soal Menentukan Kalimat Topik Paragraf Terbaru

Lihat juga: 
Contoh Soal Menentukan Kalimat Utama Paragraf

1. Bacalah teks berikut!
(1) Sirsak adalah salah satu tanaman obat terbaik yang pernah ditemukan dari hasil penelitian. (2) Sampai-sampai hasil penelitiannya pun kadang dirahasiakan untuk kepentingan industri. (3) Khasiat sirsak ternyata tidak hanya terdapat di daunnya, tetapi buah dan kulitnya pun mempunyai manfaat untuk pengobatan kanker. (4) Kita cukup langsung makan buahnya saja untuk mendapatkan manfaat dari sirsak.

Kalimat utama pada teks tersebut terdapat pada nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

2. Bacalah teks berikut!
(1) Bayam salah satu sayuran yang banyak mengandung zat besi. (2) Bayam biasanya ditanam untuk dikonsumsi daunnya. (3) Tumbuhan ini berasal dari Amerika. (4) Nama Latin dari bayam adalah Amaranthus sp.

Kalimat utama teks tersebut terdapat pada kalimat nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

3. Bacalah teks berikut!
(1) Kebiasaan minum jus buah segar mampu menekan beragam penyakit. (2) Penyakit yang mampu ditekan dia antaranya jantung, stroke, diabetes, dan kanker. (3) Dengan minum jus secara rutin seseorang akan terhindar dari risiko terserang penyakit. (4) Hal ini dimungkinkan karena buah segar menyimpan berbagai vitamin.

Kalimat utama teks tersebut terdapat pada kalimat nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

4. Bacalah paragraf berikut!
(1) Obesitas yang mewabah di Amerika Serikat mulai menjangkiti Indonesia. (2) Tanpa kenal batasan kelas sosial jumlah obesitas terus meningkat. (3) Masalah yang disekat-sekat sebagai penyakit gaya hidup ini. (4) Penyebab utamanya adalah pola makan yang tidak teratur.

Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)


Kunci: 1) A, 2) A, 3) A, 4) A
(Sumber: Naskah Soal UN SMP/MTs Tahun 2014, 2016)

Artikel Terkait

Basindon
Bahasa Indonesia BlogUpdated at: Wednesday, August 24, 2016

2 comments:

  1. Replies
    1. Kuncinya sudah dibuat, silakan dilihat kembali. Terimas kasih..

      Delete

"Terima Kasih Atas Kunjungan Anda"