Pengertian Sudut Pandang dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Sudut Pandang
Sudut pandang atau yang biasa disebut point of view (POV) adalah posisi pengarang di dalam cerita.

Macam-macam Sudut Pandang
Pada dasarnya sudut pandang dibagi menjadi dua yaitu sudut pandang orang pertama, dan sudut pandang orang ketiga. Namun kedua jenis tersebut terbagi lagi menjadi sudut pandang orang pertama pelaku utama, sudut pandang orang pertama pelaku sampingan, sudut pandang orang ketiga pelaku utama, sudut pandang orang ketiga serba tahu, dan sudut pandang orang ketiga pengamat.

Contoh masing-masing bagian tersebut seperti berikut ini.
1. Sudut pandang orang pertama pelaku utama
Contoh: Aku duduk di tameng abrasi pantai Darmawangi yang kokoh. Kutatap langit yang membiru. Awan-Awan berarak ke barat. Angin pun berhembus dengan lembut. Saat itu aku berpikir tentang masa laluku.

2. Sudut pandang orang pertama pelaku sampingan
Contoh: Sahabatku Rina yang tak pernah kulupakan. Kami berpisah sejak SMP dulu. Kini Ia tinggal di Kota bersama nenek. Dan kini kami hanya bisa berhubungan lewat telefon dan facebook. Kadang aku rindu dengan wujudnya. Canda tawanya yang lucu, serta tangisnya yang membuatku ikut menangis. 

3. Sudut pandang orang ketiga pelaku utama
Contoh: Laki-laki kurus jangkung itu berdiri di tepi jalan. Tangannya melambai. Kemudian sebuah bis berhenti di depannya. Ia pun segera naik ke atas bis itu. Sementara di dalam bis penuh sesak. Terpakasa laki-laki itu menggelantung di bagian pintu.

4. Sudut pandang orang ketiga serba tahu
Contoh: Eni merenung sejenak. Sebenarnya pikirannya sedang kalut. Dan kini wajahnya semakin terlihat risau, “Ya, Allah lindungi aku dari kegagalan ini.” Kata Eni dalam hati.

5. Sudut pandang orang ketiga pengamat
Contoh: Kamar Rudi yang sempit itu dipenuhi sarang laba-laba. Di dalamnya terdapat sebuah meja yang berdebu, bersanding dengan sebuah kursi yang pincang. Ranjang tempat tidur tidak ada, kecuali hanya tikar yang masih terkelar dan sudah berjamur. Pada dindingnya menempel foto-foto pemain sepak bola yang sudah mulai kusam. Pada lantainya tergeletak sepatu sepak bola, koran, dan buku-buku pelajaran yang berlumut

Lihat: Contoh Soal tentang Sudut Pandang

Artikel Terkait

Basindon
Bahasa Indonesia BlogUpdated at: Thursday, March 24, 2016

No comments:

Post a Comment