Cara Menyimpulkan dan Merangkum Isi Suatu Teks

Apakah yang dimaksud dengan simpulan?

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008: 1310), simpulan adalah suatu yang disimpulkan atau hasil menyimpulkan. Menyimpulkan adalah menyarikan pendapat berdasarkan apa-apa yang diuraikan dalam karangan. 
Lihat juga: Pengertian Paragraf Menurut Beberapa Ahli
Untuk menyimpulkan isi penggalan teks, pembaca hendaknya membaca penggalan teks tersebut secara intensif. Dengan membaca intensif pembaca diharapkan memahami isi penggalan teks tersebut. Dengan pemahaman yang tepat, pembaca akan dapat menyimpulkan isi penggalan teks yang dibacanya.
Perhatikan contoh berikut ini!
Kedaran masyarakat akan pentingnya alat tukar yang tidak bersifat fisik, baik kertas maupun logam, mulai tumbuh sejak 2005. Bank Indonesia pada 2006 kemudian mencanangkan gerakan mengurangi uang tunai untuk menuju masyarakat dengan alat tukar elektronik.
Pada 2007, mulai bermunculan produk uang elektronik (uang e-money) sebagai terjemahan teknis atas cita-cita itu. Sebut saja kartu Flazz dari Bank BCA atau e-Toll dari Bank Mandiri. Kemudian operator telepon seluler pun ikut ambil bagian, yakni dengan munculnya Tcash dari Telkomsel. 
Untuk menyimpulkan isi teks tersebut, temukan kalimat pokok atau ide pokok tiap paragraf. (Lihat: Cara Menemukan Kalimat Pokok atau Ide Pokok Paragraf). Selanjutnya, bila dianggap perlu, temukan kalimat penjelas atau ide penjelas yang mayor yang menjelaskan kalimat pokok atau ide pokok tiap paragraf. Nah, untuk menyimpulkan isi penggalan teks tersebut, berikut ini hasilnya.

Kalimat pokok paragraf ke-1: Kesadaran masyarkat akan pentingnya alat tukar nonfisik tumbuh sejak 2005.
Kalimat pokok paragraf ke-2: Pada 2007 mulai bermunculan produk elektronik.

Jadi, simpulan isi penggalan teks tersebut yakni: kesadaran masyarakat akan pentingnya alat tukar nonfisik tumbuh sejak 2005 dan pada 2007 mulai bermunculan produk uang elektronik.

Mudah bukan? Jadi kuncinya adalah menggabungkan kalimat-kalimat pokok paragraf suatu teks. Bila kutipan teks terdiri atas satu paragraf, maka kalimat pokoknya merupakan bagian utama simpulannya. Begitu pula Jika kutipan teks terdiri atas dua atau tiga paragraf, maka kalimat simpulannya harus mewakili ketiga paragraf tersebut. Artinya, masing-masing paragraf harus menyumbangkan kalimat pokoknya.

Demikianlah cara menyimpulkan dan merangkum isi suatu teks. Semoga bermanfaat. Silakan berkomentar.

No comments:

Post a Comment