Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengkritik dan Memuji Berbagai Karya/Produk

Mengkritik yaitu memberikan tanggapan, kadang-kadang disertai uraian dan pertimbangan baik buruk terhadap suatu hasil karya sastra, karya seni, atau pendapat.

Memuji berarti mengagumi, menghargai sesuatu yang dianggap baik, indah, bagus, dan berani.

Lihat: Contoh Soal Pilihan Ganda Mengkritik dan Memuji Berbagai Karya (Seni/Produk)

Memberikan pujian haruslah obyektif dan tidak berlebih-lebihan. Begitu pula dengan kritik yang disampaikan juga harus obyektif.

Kritik yang disampikan harus dengan menggunakan bahasa yang santun serta masuk akal. Alasan tersebut sedapat mungkin dapat diterima oleh semua pihak dengan dada lapang dan senang. Sebaliknya, kritik yang tidak memperhatikan kesantunan dalam berbahasa dapat menyebabkan pihak yang dikritik kecewa, kesal, dan bahkan marah. Oleh karena itu, kritik harus disampaikan dengan bahasa yang santun, disertai alasan yang logis bahkan kalau perlu membantu mencarikan jalan keluarnya.

Contoh pujian:
  • Ukiran kayu tersebut sangat menarik dan benar-benar mewujudkan inspirasi pematung. Orang akan sangat tertarik melihat ukiran tersebut.
  • Patung tersebut sangat menarik karena detail-detail pahatan patung tampak dikerjakan oleh tangan-tangan terampil dan pembuat patung sangat teliti dalam memahat patung terebut.

Contoh kritikan:
  • Ukiran patung memang menarik, tetapi sayangnya dijual dengan harga yang sangat mahal sehingga tidak semua orang dapat memilikinya.
  • Detail-detail patung tersebut sangat bagus, tetapi jauh dari realitas sosial. Hal ini mungkin karena patung tersebut hanya sebagai simbol saja. Ketidaksamaan patung dengan objek yang sebenarnya membuat orang yang melihat berpikir lebih lama mengenai arti dan bentuk patung.
Lihat:
Contoh Soal Essay Mengkritik dan Memuji Berbagai Karya (Seni/Produk)

BASINDON
BASINDON Blog pelajaran bahasa Indonesia SMP/MTs (materi, soal, dan perangkat pembelajaran), serta Pengetahuan Bahasa dan Sastra Indonesia (umum)

Post a Comment for "Mengkritik dan Memuji Berbagai Karya/Produk"